Review Album : All Time Low - Last Young Renegade (2017)

by - 1:05 AM

All Time Low merupakan salah satu pioneer band pop-punk. Kalau ditanya band-band baru, siapa inspirasi mereka dalam bermusik, All Time Low bisa menjadi salah satunya. Dan kalau tanya ke orang-orang yang suka lagu pop-punk, All Time Low biasanya ada di salah satu daftar mereka.

Inget sama postingan gue yang ini (News From All Time Low) ? Awalnya gue sangat-sangat 'berharap' banyak dengan teaser gambar jeans dari ATL ini, tapi setelah mendengar Dirty Laundry dan tau kalau ATL pindah ke Fueled By Ramen... Ok. Gue tau semua akan berubah hahaha

Last Young Renegade

Isi album ini ada 10 lagu dengan total sekitar 37 menit:
  1. Last Young Renegade
  2. Drugs And Candy
  3. Dirty Laundry
  4. Good Times
  5. Nice2KnoU
  6. Life of the Party
  7. Nightmares
  8. Dark Side of Your Room
  9. Ground Control
  10. Afterglow
Rilis tanggal 2 Juni 2017. Udah lumayan lama ya rilisnya? Entah kenapa pas gue mau denger agak kurang semangat aja gitu. Bikin postingannya juga pas gue inget gue bakal nonton mereka di GBK nanti... Siapa nih yang mau nonton ATL juga? Ayok ketemuan! Hahaha

Dirilis oleh Fueled By Ramen sebagai label yang menaungi mereka sekarang. Jujur gue agak kecewa sih pas tau mereka pindah ke FBR. Yah, alasannya klasik sih, I'm a big fan of Hopeless Records.

Untuk genre album, gue sebetulnya punya pendapat pribadi tentang ini. Tapi gue menyempatkan diri buat googling dan lihat-lihat wikipedia serta di i-Tunes, apa sebenarnya genre di album ini. Dan gue dapat jawaban yang berbeda dari kedua tempat itu yaitu:
i-Tunes : Alternative
Wikipedia : Pop rock

Akhirnya gue setuju sama kata-kata i-Tunes, ini termasuk album 'alternative'.

Gue baca di Wikipedia, darimana mereka bisa dapat info genre album ini pop rock lalu terbuka lah situs ALLMUSIC yang dimana terdapat review album All Time Low ini. Menurut si reviewer itu, Last Young Renegade dipengaruhi oleh berbagai macam musik. Kalau kalian mau lebih jelasnya, bisa buka link yang tadi gue cantumin. Influencer tersebut dari The All-American Rejects, The 1975, Fall Out Boy (entah the old FOB atau the new one), Walk the Moon, Atlas Genius, dan sejenisnya.

Tapi personally, gue lebih setuju ini alternative. Entah kenapa kalau dibilang pop rock gue agak enggak rela haha. Baiklah, kita bahas hal lain selain genre karena gue yakin ini udah panjang banget.

Gue akan bahas isi lagu dari segi lirik dan musiknya, here they are:

Last Young Renegade
Sebagai track pembuka, ATL kayak mau bikin lo enggak kepanasan. Lagunya sangat easy listening. Enggak seberat Kicking And Screaming di Future Hearts. Suara Alex yang biasanya terdengar luar binasah juga agak berbeda. Kayak orang enggak semangat malah hahaha.

Kalau lihat dari lirik dan music video nya sih, kayaknya isi lagunya tentang relationship. Intinya tentang orang yang lagi mengingat masa remajanya. Mau ngelepas doi tapi enggak rela. Tapi kalau enggak pisah semua menjadi rumit. Jadi orang ini mungkin lagi nostalgia sama masa lalunya.



Drugs And Candy
Lagunya sih tentang relationship lagi. Bisa dibilang pasangan kita ini melengkapi kita gituw. Terus dari liriknya sih mereka berdua sangat tertarik satu sama lain seperti Drugs And Candy. Sama-sama jadi addiction masing-masing. Sama-sama bahagia. Tapi mereka tau hubungan mereka enggak sehat jadi mau enggak mau harus mengakhiri hubungan mereka itu.

Kalau dari segi musik, awalnya gue suka. Cuma yang gue kecewa adalah enggak ada suara gitarnya Jack. Mungkin ada sih tapi efek-efek dari synth-nya lebih terdengar dibanding gitarnya. Palingan cuma beberapa detik gue denger suara gitarnya abis itu ketutup lagi. Untungnya di ending ada suara gitar dan teriakan Alex meskipun enggak berat-berat amat.

Dirty Laundry

Lagu ini nih yang dijadiin single debut mereka kemaren. Reaksi orang-orang? Ada yang seneng, ada yang kecewa karena sounds so much different than they used to be, ada juga yang cuma nungguin album barunya dan berharap ada harta karun yang terselip di dalamnya. Oke, jenis terakhir itu adalah gue hahaha

Awal-awalnya lumayan lah. Permainan gitarnya Jack itu menenangkan jiwa dan sanubari ini. Abis itu gue agak aneh pas denger drum Rian yang cuma gitu doang. I mean, he got the talent tapi kok standar banget sih hahaha (sotoy banget, gue aja enggak bisa main drum). Tapi pas keluar solo gitarnya Jack.... GINI DONG ELAH!!!!

Solo gitar Jack itu bener-bener penyelamat sih. Gue sempet agak ilfeel pas awal-awal denger tapi pas masuk bagian Jack langsung.. hhmmm ok.

Dari segi lirik, jujur gue kaga nyambung-nyambung. Apa jangan-jangan si Alex kebanyakan baca puisi atau novel-novel berat kayak John-nya The Maine. Untungnya mereka mencantumkan penjelasan di tiap lagu-lagu mereka. Nah katanya lagu ini tentang seseorang yang berusaha melepas masa lalu mereka dan berusaha mencintai apa yang ada di sekitar mereka. Dari segi baik maupun buruknya.




Good Times
Kalau menurut orang-orang yang suka sama album LYR ini, hampir banyak yang jawab Good Times jadi lagu favorit mereka. Jujur sih gue agak aneh denger efek-efek di awalnya. Tapi bukan berarti lagu ini enggak enak. Enak banget malah meskipun bukan lagu favorit gue sih dari album LYR ini.

Gue berterimakasih banget sama Alex yang mau capek bikin penjelasan dibalik setiap lagu baru mereka hahaha. Jadi isi lagu ini tentang orang yang mau melangkah ke masa depan. Dan lo tau lah masa depan itu enggak jelas tapi orang ini yakin dan selalu berpikir positif meskipun harus meninggalkan masa lalu yang indah itu. I won't forget the good times, kalau kata Alex.

Alex juga bilang kalau lagu ini jadi lagu pertama yang mereka rekam. Dan gue sedikit nangkep makna ambigu ketika tau lirik lagu ini. Apakah mungkin ini gambaran perasaan Alex tentang kepindahan mereka dari Hopeless ke FBR? Who the hell knows.

O iya, gue sempet nemu versi akustik dari Good Times yang bikin gue sadar kalau lagu ini enak banget haha. Buat kalian yang enggak suka sama versi originalnya, maybe this could help.




Nice2KnoU
Nice2KnoU ini agak bikin ribet buat gue ketik tapi bener-bener worth it. Lagunya gue banget haha. My favorite among all. Dari pertama gue denger gue suka sama permainan gitar Alex dan Jack yang kompak banget. Meskipun sedikit Paramore di awalnya (haha), lagu ini bener-bener All Time Low banget sih setelah gue denger sampai abis.

Lagu ini merupakan dedikasi All Time Low buat fans mereka dari berbagai tempat (ada di music video nya) yang akhirnya membuat mereka menjadi sebesar ini sekarang. Cuma agak sedikit ambigu sih ketika gue denger liriknya, one last time for old time's shake, one more bend before we break, we can't go back to yesterday.. Apakah ini pertanda All Time Low mau melakukan sesuatu? Hmmm




Life of the Party
Mungkin kalau lo orang-orang lama yang denger ATL dari So Wrong It's Right terus langsung random ke lagu ini, pasti bakal kaget banget hahaha. Lagunya bener-bener beda, Alex juga ngaku hal yang sama. Tapi mereka jatohnya kaya eksperimen sih. Bahkan mereka sempat bilang kalau mereka udah coba untuk membuat (lagu) yang diinginkan oleh (fans mereka di) dunia tapi jadi kayak bukan diri mereka sendiri. Oleh karena itu terciptalah lagu yang terdengar modern ini.

Isi lagunya sih bisa dilihat dari judulnya. Jujur sih, ini bukan lagu favorit gue dari mereka.




Nightmares

Gue suka niiih kalau lagunya diawali oleh permainan gitar Jack. Meskipun pop banget tengahnya, untungnya lagunya lumayan easy listening. Terus drum-nya Rian sedikit menghibur gue. Apalagi isinya tentang seseorang yang masih dibayang-bayangi masa lalunya (dan dianggap 'mimpi buruk'). Dan dia tau kalau dia enggak boleh takut meskipun punya mimpi buruk itu.

Meskipun sedikit pop, gue suka sama lagu ini. Apalagi makna dibalik lagu ini dapet banget.

Dark Side of Your Room
Salah satu trek favorit gue. Meskipun yaa jelas ya ada efek-efek synth seperti biasa, tapi gue suka sama energi dari suara Alex disini. Enggak ada kesan ngantuk kayak di lagu Last Young Renegade haha. Gitarnya Jack juga juara banget di sini meskipun terdengar kayak lagu-lagu jadul gitu. 



Entah kenapa kalau dari liriknya, gue ngerasa ini kayak lanjutan dari Drugs and Candy yang tadinya seneng-seneng sama orang-orang di sekitarnya, tapi ujung-ujungnya langsung ditinggal gitu aja. Makanya jangan banyak seneng-seneng yaa, hidup ini keras men.

Ground Control
Gue peringatkan ini lagu asli pop. Bener-bener pop banget. Beda sama yang Life of the Party. Masih enak didenger sih tapi aneh aja menurut gue hahah. Lagunya sih tentang orang yang tersesat namun cinta bisa merubah segalanya eyaaa. Dan di lagu ini kan featuring sama Tegan dan Sara ya, katanya sih Alex nge-fans banget sama Tegan dan Sara jadi lagu ini kayak sebuah kehormatan banget buat Alex.

Afterglow
Ini juga lagu pop banget. Rata-rata isi lagu All Time Low di album ini kayak baru menemukan pencerahan gitu, sama kayak di sini. Kalau kata ATL mereka dulu berada di kegelapan (entah dimananya gue juga enggak ngerti) sampai akhirnya mereka sampai di titik ini. Mereka udah siap untuk menghadapi dunia (pemilihan kata apa ini?-__-)

______________________________________


Banyak band yang mau eksperimen sama berbagai jenis lagu. Termasuk band kesukaan gue ini. Mereka nyoba berbagai jenis musik dan akhirnya tercipta album ini. Awalnya gue agak kecewa sih karena terdengar beda banget sama lagu-lagu mereka yang lama. Tapi setelah gue denger 3 atau 4 kali album ini, hmmm tidak buruk juga kok.

Lagu favorit gue di album ini: Nice2KnoU, Last Young Renegade, Dirty Laundry, dan Dark Side of Your Room. Oiya gue selipin embed-Spotify di sini, siapa tau ada yang mau langsung dengar.



Gue sempet baca di Wikipedia kalau ATL ini sebetulnya udah pindah sejak tahun 2016 ke Fueled By Ramen. Itu berarti pas Straight To DVD 2 keluar, mereka udah resign dari Hopeless. Dan Alex bilang setelah mereka keluar dari Hopeless, mereka kaya tersesat, enggak tau mau kemana (gue enggak ngerti apakah Alex ini me-lebay-kan pemilihan katanya atau apa) lalu FBR bersedia buat nampung mereka. Setelah mereka gabung di FBR, mereka bisa jadi diri mereka sendiri dalam bermusik. Hmmm ya sudah lah ya. Kalau mereka emang bahagia di tempat baru mau gimana lagi?

Gue juga sedikit 'tertarik' ketika baca siapa aja komposer lagu-lagu mereka di album Last Young Renegade ini. Salah satunya ada Andrew Goldstein. Doi ini merupakan mantan vokalis The Friday Night Boys (karena udah bubar bandnya makanya jadi mantan) yang akhirnya menjadi salah satu produser di Fueled By Ramen. Lalu band-band yang dia naungi dalam pembuatan albumnya adalah Paramore, R5, Hot Chelle Rae, termasuk Linkin Park. Wahhh ternyata dia penyebab band-band berisik jadi pop begindang-_- Padahal dia dulu anak pop-punk banget loh.

In case you don't know him (sumber : https://goo.gl/tW6Gjo)
Dari awal gue denger kabar tentang album LYR ini (setelah dengar Dirty Laundry juga tentunya) gue jadi enggak berharap banyak. Malah pas pertama kali denger album ini, gue tidur setelah 5 lagu hahhaaha parah banget. Tapi emang enggak bikin gue semangat gitu lah. Beda ketika gue denger album Story Untold , beda feeling nya.

Ketika gue bikin postingan tadi, gue bener-bener semangat dari awal sampai habis. Tapi untuk yang ini hmmmm karena ini ATL aja jadi gue mau enggak mau bikin. Terus sekalian juga kan, mau menghafal lagunya karena mau nonton konser mereka. Jadi yaudin lah.

Terus gue kan ada kesempatan juga buat meet n greet sama ATL, ada sedikit keinginan buat beli CD fisik dari album ini. Cuma karena gue enggak terlalu suka sama album mereka yang ini, gue jadi maju mundur mau beli hahaha. Padahal lumayan tuh, gue kan mau sepik-sepik sama Alex dkk buat tanda tanganin album fisik gue. Akhirnya setelah gue pikir-pikir, enggak usah beli deh.


Penilaian gue buat album ini? Hmmm 2.5 dari 5 kali ya. Gue suka beberapa lagu di sini tapi ini bukan album favorit gue. Gue tetap cinta sama Nothing Personal dan So Wrong It's Right. Lagu-lagu di sini enak tapi gue mau denger suara gitar Jack, suara bass Zack, rhythm gitarnya Alex, dan gebukkan drumnya Rian. Bukan synthesizer.

Tapi prinsip dalam bermusik itu take it or leave it. Semua lagu itu enak tapi ini cuma masalah selera aja. Kalau emang lo suka ya dengerin, simpan, beli original. Kalau enggak ya udah tinggalin. Bukan berarti kalau enggak suka jadi ngoceh kemana-mana dan dunia harus tau kalau lo benci banget sama lagunya. Enggak gitu. Gue juga kecewa sih sama ATL tapi bukan berarti gue benci setengah mati sampai gue sumpahin album ATL yang ini enggak laku. Jahat banget gilaaak.

Oh iya, kalau mau baca beberapa review gue tentang album-album All Time Low sebelumnya, bisa klik link di bawah ya. Maaf beberapa link udah enggak ada dan gue males juga buat editnya haha
Future Hearts : http://www.blognyarana.com/2015/04/album-terbaru-all-time-low-future-hearts.html
Don't Panic : http://www.blognyarana.com/2012/12/album-terbaru-all-time-low.html

Sumber :
http://www.allmusic.com/album/last-young-renegade-mw0003025868
https://genius.com/albums/All-time-low/Last-young-renegade
https://en.wikipedia.org/wiki/Last_Young_Renegade

You May Also Like

2 comments

  1. lagu mengontrol tanah enak sih, keren kolaborasi ama degan dan tara arts

    ReplyDelete

Jangan malu-malu kalau mau comment. Feel free to share thoughts!
Kecuali buat para iklan-iklan enggak jelas, you're not welcome here.