DNA World Tour: Konser dan Meet n' Greet Backstreet Boys di Jakarta!

by - 5:50 AM

Tell me why....
Ain’t nothing but a heartache...



Ceritanya lumayan panjang kenapa gue suka Backstreet Boys. Intinya ini semua dimulai dari iseng-iseng gue mendengarkan lagu-lagu mereka di YouTube dan gue tau kalau mereka akan mengadakan DNA World Tour. Awalnya gue agak skeptis mereka akan datang ke Jakarta, sampai akhirnya Kevin bilang di salah satu interview kalau mereka bulan Oktober 2019 akan datang ke South East Asia.  Sejak saat itu, gue enggak pernah absen mengikuti postingan BSB di instagram.. biar update segala perkembangan info DNA Tour-nya heuheu.

Selain itu, gue mulai menabung karena gue tau harga tiketnya mahal banget, hiks. Gue lihat konser mereka di Eropa aja harga tiketnya sampai di atas 10 juta... Itu udah sama meet and greet sih. Tapi mahal banget gilak! Hampir menyaingi harga motor gue itu! (yang enggak pernah gue bawa juga wkkwkw). Gue juga sempet nanyain ke admin fanbase Backstreet Boys Indonesia tentang apa itu VIP Upgrade, apa itu DNA Circle, pengalaman dulu nonton konser BSB di Jakarta tahun 2012 silam, jadi gue udah punya gambarannya laaah sebelum benar-benar ada pengumuman konser BSB di Asia Tenggara.

Tapiiiii yang bikin gue agak shock adalah sebelum ada pengumuman resmi konser BSB di Jakarta, Westlife langsung mengeluarkan tanggal untuk konser di Jakarta! Bangkay bangeeeet! Karena gue bingung dan enggak rela melepas Westlife sekaligus BSB, jadinya gue memutuskan beli tiket dua-duanya! Hahaha.

Pas pertama kali BSB diumumkan mau konser di Jakarta, gue kepoin instagram promotornya: PK Entertainment sama Third Eye Management (TEM). Gue udah tau sih kalau TEM insya Allah ‘ngurus konsernya’ terjamin, soalnya gue ada pengalaman nonton konser Guns N’ Roses yang promotornya merupakan TEM. Nah, kalau si PK ini gue kurang tau, kalau enggak salah sebelum BSB mereka pernah bawa Ed Sheeran ke sini. Testimoninya biasa saja; ada yang bilang oke, ada yang bilang mengecewakan. Tapi kegalauan gue sirna lagi setelah gue lihat seat-plan dan harga tiket konser BSB di Jakarta...


Waw! Mahal cuy! Wwwkwkkw. Awalnya gue ngincer banget Fanzone yang lokasinya ada di tengah-tengah panggung mereka, jadi walaupun gue enggak ikut meet n greet, paling enggak posisi gue deket laaah sama BSB-nya. Di saat itu, harga VIP Upgrade di Jakarta belum keluar di website official Backstreet Boys (https://www.backstreetboys.com/events/445013). Makanya gue ‘yakin’ enggak ambil VIP Upgrade kalau ternyata harga tiket VIP Upgrade-nya sama kayak di negara lain. Kenapa? Tau enggak, berapa harga tiket VIP Upgrade di negara lain? (contoh, Singapura yang terdekat). Harganya 500 USD cuy! Gila gilaaaa. Mahal gilaaa. Makanya gue ngincer banget fanzone... di saat itu.

Ternyata di hari penjualan tiket, gue kehabisan fanzone! Huhuuu. Sedit battttsss. Gue sama sekali enggak tertarik untuk nonton di zona Yellow atau Blue karena kalau berada di dua posisi itu bakalan jauh banget. Selain itu, gue bukan anak concertgoer yang demen duduk. Nah, masalahnya kalau gue milih di festival, enggak enaknya dapat terancam berdiri di belakang. Setelah berpikir panjang yaa sekitar 5 menit (iya donk, kalau kelamaan nanti takut tiketnya keburu sold out.....) yaudah laah. Beli yang festival aja daripada sama sekali enggak nonton BSB.

Beberapa menit kemudian, setelah e-ticket gue keluar, gue cek website official BSB dan ternyata.... VIP Upgrade di Jakarta itu paling murah di antara negara-negara lain! ‘Cuma’ 320 USD exclude addition fee dan belum sama tiket konser. Emang sih karena harganya paling ‘murah’ jadi VIP Upgrade di Jakarta itu isinya cuma meet and greet sama BSB dan dapat ID khusus sebagai tanda masuk. Sejujurnya gue sih enggak masalah yaa.. toh gue emang cuma pengen ketemu BSB, enggak perlu kayak ruang tunggu khusus gitu, poster BSB, dan sebagainya kayak VIP Upgrade di negara lain. Jadi gue menimang-nimang ‘beli atau enggak ya?’ sampai akhirnya gue beneran beli dooong! Hahhaha. Jujur pas gue dapat bukti invoice-nya, gue enggak percaya udah menghabiskan uang sebanyak itu dalam sehari wkwkwk. Namun di sisi lain, gue enggak sabar pengen loncat ke bulan Oktober aja! Hahaha

Kalau mau tau harga lengkapnya, gue taro bukti invoice pembelian VIP Upgrade gue saat itu.


Lalu gue baca-baca lagi terms and condition-nya. Ada tulisan yang bisa diartikan kalau VIP Upgrade itu enggak menjamin kita (yang beli) bisa masuk ke venue konser lebih awal. Gue langsung mikir kan, waduuuh. Tandanya gue yang berdiri di festival ini bakalan amsyong dong! Kalau ternyata habis meet and greet gue malah jadi dapat antrian paling belakang untuk masuk ke area festival, rugi dong gue. Namun, kalau gue beruntung, gue bisa dapet spot yang pas di depan panggung. Makanya, posisi fanzone menurut gue yang terbaik (saat itu) karena dijamin dapat di dekat panggung mereka. Hmmm,  yaudah lah ya. Gue nothing to lose aja deh. Permasalahannya adalah gue pengen fanzone tapi keabisan. Pengen meet and greet juga tapi terancam berdiri di paling belakang.... Bismillah NEKAT! Wkwkwkw

Sampai akhirnya berbulan-bulan berlalu. Gue udah dengerin playlist BSB DNA World Tour di Spotify yang dibuat sama admin fanbase BSB Indo. Karena ini udah fix playlist (jadi udah pasti BSB akan bawain lagu-lagu ini) gue dengerin playlist itu setiap hari bahkan hampir hafal urutan lagunya wkwk. Yang gue sayangkan di playlist itu enggak ada lagu-lagu BSB dari album Unbreakable dan In the World Like This. Never Gone juga hanya ada Incomplete. I Still... yang merupakan salah satu lagu favorit gue juga enggak ada. Yaa tapi tagline konsernya aja sih DNA World Tour dan Back to 90’s jadi wajar banget sih kalau kebanyakan setlist-nya dari album Millenium dan DNA.

Lalu H-1 konser, gue dapat e-mail kalau tempat Meet n Greet itu di... JiExpo. Oke, masih belum dikasih tau tempat yang pastinya. Tapi sudah ada keterangan jam mulai meet n greet yaitu jam 4 sore WIB. Wah, rasanya masih enggak percaya dan tambah excited menyambut hari Sabtu haha. Terus pas gue baca lagi di kalimat paling bawahnya, ada tulisan yang mengatakan kalau gue akan mendapat belt bag sebagai souvenir. Widiw, dapat oleh-oleh juga rupanya. Walaupun gue enggak pake tas kayak begituan tapi lumayan daah.



Skip langsung ke hari Sabtu, gue udah berencana memboloskan diri dari kuliah. Gue udah bilang sama geng-geng an di kelas gue kalau gue enggak bakal masuk hari itu, tanggal 26 Oktober 2019. Di sekitar jam 10 pagi, gue masih sempet-sempetnya nyetrika baju karena setrikaan baju gue banyak bangeeet hahaha. Sampai akhirnya gue lihat jam udah jam 12, gue langsung mandi, siap-siap (asal lo tau, gue milih baju sampai 2 kali bongkar pasang saking bingungnya wkwk), kemudian caw!

Rencana awalnya gue mau naik KRL ke JIExpo, soalnya kalau naik Transjakarta takut macet. Tapi entah apa yang terjadi hari itu, gue berasa sial banget! Dari kartu flash gue yang enggak bisa di top up, terus pas gue coba mesin buat cek isi saldo kartu (gue enggak tau namanya, mungkin yang sering naik kereta tau) juga rusak, lalu gue lihat antrian untuk beli kartu single trip-nya panjang banget! Anjir, ini sih enggak bakal keburu karena gue lihat udah jam setengah 2 siang (kondisi jalanan macet banget, BTW). Akhirnya setelah menangis (dalam hati tentunya) gue memutuskan untuk naik Grab Car dari stasiun Bekasi ke JIExpo huhuhu...

Ternyata naik mobil karena lewat tol jadi cepat banget. Gue sampai di JIExpo sekitar jam 3 sore. Gue turun di depan Hotel Holiday Inn kalau enggak salah. Karena pintu masuk ke JIExpo ada banyak dan dikasih tau admin PK Entertainment untuk masuk venue itu melalui pintu 3. Gue tanya ke satpam hotelnya, boleh masuk lewat hotel itu, enggak? Dan ternyata bisa! Yaudin, gue jalan kaki (biar enggak kena ongkos parkir mobil lagi) ke arah venue konser.

Naah, di saat-saat seperti ini lah gue merasa berkawan dengan banyak orang! Wkwkwk. Karena gue lihat banyaaaak banget yang pakai baju BSB dimana-mana. Gue sempat lihat grup BSB Indonesia di WhatsApp kalau katanya adminnya bagi-bagi kipas dengan wajah BSB gratis! Waaahhh gue juga mau! Oh iya, gue beli kipas gituan bukan cuma karena itu ada gambar BSB-nya ya tapi karena gue tau kipas itu berguna banget di tengah-tengah konser. Sayangnya karena kipas yang ditawarkan admin BSB-ID itu stoknya terbatas, gue memutuskan untuk beli aja deh.  Daripada gue incer dari awal tapi ternyata kehabisan. Alhasil sebelum masuk venue, gue celingak-celinguk cari yang jualan kipas. Sampai akhirnya ketemu mbak-mbak (yang juga nyamperin gue) nawarin kipas BSB yang dia jual. Sisa foto yang dia punya ada AJ sama Howie doang. Lah pas banget dong, karena saya sebagai hamba pemuja Papah Howie, gue langsung memilih Howie tanpa berpikir panjang. Alhamdulillah, akhirnya gue mendapatkan kipas dengan wajah Papah Howie seharga 35 ribu rupiah! Hahaha.



Ketika melewati security check, gue dikasih gelang hijau (karena festival) tapi tolak angin beserta freshcare gue disita dong. Sebetulnya kru-nya sempet bingung Tolak Angin itu boleh dibawa masuk atau enggak tapi akhirnya tetap disita. Kata mas-mas nya walaupun disita tapi masih bisa diambil lagi, asalkan nulis form gitu. Yaudah deh, gue nulis aja daripada gue masuk angin wkwkkw. Terus kata mereka, kalau ada apa-apa, paramedis bakal ada di dalam gedung dan siap membantu. Begituuu..

Oiya, sebelum obat-obatan gue disita, sempet gue denger salah satu kru-nya bilang “Wah, emang bener ya kalau konser harusnya bawa kipas gituan.” sambil lihat ke kipas Papah Howie gue. Terus disahutin sama temennya, “Iya, daripada kepanasan di dalam.” Naaah. Itu lah alasan kenapa kipas itu penting banget di tengah-tengah konser begini! Wkwkw



Sehabis melewati gerbang security check, gue udah incer banget ChaTime yang merupakan salah satu jajanan di konser BSB. Gue langsung melipir ke sebelah kiri, ada food truck ChaTime yang lumayan sepi. Gue pesen menu apa ya, lupa deh. Tapi gue inget harganya itu (paling murah) 40 ribu..... oke, wajar lah ya di tengah-tengah konser begini harganya mahal. Setelah gue mendapatkan ChaTime, gue celingak-celinguk cari tempat duduk karena jam 4 masih lama. Akhirnya gue samperin tenda yang sudah ada 1 mbak-mbak yang lagi duduk di sana. Gue sempet ngobrol sebentar sama dia dan lihat dia pakai gelang fanzone. Waaah, mantap sekaliiii. Sembari gue menunggu, gue sempet lihat banyak yang foto di depan banner BSB Jakarta. Gue juga pengen tapi daripada kehilangan tempat duduk, yaa enggak jadi deh. Nah, di sebelah banner itu ada tenda Wonderful Union (WU) dan official merch BSB dari WU juga. Sempat berpikir, apakah nanti antri meet and greet nya di situ ya?

Kemudian mata gue melihat ada food truck DumDum Thai Tea dong! Pas banget di seberang banner BSB! Ihhh, kesel banget gue. Sebagai salah satu DumDum Mania, gue mendingan beli DumDum daripada beli ChaTime tapi kan aku tadi enggak tau huhuu. Yaudah, gue memilih untuk beli Ades, air mineral dari CocaCola dengan harga 10 ribu untuk 300 mL. Hmmmm, yaudah deh, karena saya seret banget habis minum ChaTime jadi terpaksa ku membelinya.

Selama menunggu, gue mondar-mandir bagian merchandise official yang letaknya di seberang tenda tempat gue duduk tadi. Mata gue membelalak ketika melihat harga gelas cangkir dengan tulisan Backstreet Boys seharga 400 ribu. Terus gue lihat hoodie dan jaket-jaketnya berharga 1,5 juta rupiah! Oh may gatttt!! Walaupun memang gue tertarik buat beli merchandise official tapi kalau harganya sampai segitu, enggak kuaaat!

Ya sudah karena gue lihat udah jam setengah 4, gue mendekati mas-mas dari tim PK Entertainment yang berdiri di sebelah tenda official merchandise itu. Gue tanyain, yang mau MnG antrinya dimana ya? Lalu kata beliau antriannya nanti di depan tenda WU. Tuh kan bener di situ! Yaudah akhirnya gue melipir ke depan gedung JIExpo dimana sudah banyak mbak-mbak yang (kayaknya) bakalan MnG juga. Gue sempet kenalan sama beberapa fans BSB juga di situ dan rata-rata usianya sudah 30-an semua, udah gitu mereka nge-fans sama BSB dari tahun ’98, 2001, 2004, pokoknya gue ngerasa kayak anak baru banget huhu

Tiba-tiba di dekat tenda WU mulai ramai antrian orang-orang. Wah, otomatis gue bersama mbak-mbak yang baru kenal tadi (maaf banget gue sudah lupa namanya haha), langsung lari, ikut antri di belakang. Mulai mengular lah itu antrian. Pas banget di depan gue ada salah satu admin BSB Indonesia, Kak Ratih, yang gue kenal setelah ikut fans gathering BSB sebelumnya. Gue sama dia sempet ngobrol lama tapi anehnya antrian ini enggak maju-maju. Kayaknya lebih dari setengah jam deh gue antri. Sekitar jam 5 kurang, orang-orang yang ikut fans gathering-nya Howie baru keluar dari dalam gedung dengan muka yang sumringah semua. AAAAA Makin tak sabar!

Oia, intermezzo sedikit. Kebetulan banget Howie itu habis mengeluarkan album barunya jadi merupakan suatu kesempatan buat para Papah Howie stan buat ikut dan punya momen yang intimate sama dia. Jadi, sebelum MnG BSB, ada MnG khusus untuk Howie. Nah di fans gathering itu dia bakalan ngomongin tentang album barunya, Q&A, dan foto bareng. Gue awalnya mau ikut tapi lumayan juga cuy sekitar 2 juta rupiah harga tiketnya (kalau enggak salah). Btw, Itu termasuk MnG Howie termurah juga lho dibandingkan negara-negara lain! Gilaaa, gue enggak ngerti lagi ini BSB kok bisa patok harga yang enggak semahal negara-negara lain ya? Padahal fasilitas yang didapat sama kayak yang di Singapura (kecuali poster).

Oke, back to MnG session, posisi gue mulai semakin maju. Gue siapin bukti invoice di HP gue dan KTP. Kemudian ketika di depan booth tenda WU, ada mbak bule yang mengecek nama gue sesuai atau enggak di daftar dia. Setelah dia confirm sesuai, baru gue dapat belt bag dan ID khusus VIP Upgrade. Sempet Kak Ratih celetuk, “Bagusan di negara lain ID-nya, yaaa enggak bisa complain juga sih toh kita dapat yang lebih murah hahah.”

Kemudian antrian dibagi menjadi 3. Lalu kami tunggu lagi tuh, ada kali sampai setengah jam. Dipanggang lagi deh kita sama matahari senja (udah kayak indie gitu, menikmati senja). Terus ada yang bilang, “Yah ini mah kita udah keburu bau matahari deh, sebelum ketemu BSB!” “Padahal udah cantik-cantik dandan juga, keburu luntur eyeliner gue!” Dan beberapa celetukan lainnya. Di belakang gue juga ada yang foto dan update di sosmed.

Perlahan tapi pasti, kami akhirnya disuruh masuk. Ternyata belum disuruh masuk ke gedungnya juga dong! Masih harus antri dulu di depan gedung. Pas banget saat itu gue berdiri di dekat pintu masuk, karena termasuk yang di barisan depan. Entah kenapa AC dari dalam gedungnya itu berasa banget dong sampai keluar hahaah. Bikin tangan gue makin dingin aja. Kemudian, Peter, salah satu tim promotor dari PK kasih kami warning sebelum masuk ke dalam gedung. Di antaranya, semua barang-barang yang dibawa kayak tas, belt bag tadi, HP atau kipas Papah Howie gue ini harus ditaruh di atas meja yang akan disediakan di dekat booth foto. Lalu nanti kalau sudah selesai foto, ambil lagi barang-barang yang udah ditaro dan antri lagi di tempat khusus dimana udah ada PIC untuk membawa kita masuk ke pintu sesuai dengan kategori tiket konser yang dipunya. Sampai akhirnya ada kata-kata yang bikin para orang-orang berteriak ricuh yaitu...

Setelah MnG, kita akan dibawa ke antrian masuk venue sesuai kategori tiket dan AKAN IKUT ANTRI LAGI DI BARISAN PALING BELAKANG! TIDAAAAAKKKKK. Ketakutan gue beneran terjadi!! Walaupun gue enggak kaget-kaget banget karena hal ini ada di T&C VIP Upgrade-nya, tapi tetap aja gue jadi kecewa. NAHHHH Setelah beberapa menit dia diskusi dengan orang di sebelahnya, si Peter itu langsung angkat toa-nya lagi dan bilang kalau kami akan diberikan jalur khusus untuk masuk duluan!!!!! ALHAMDULILLAH! Dan kata mereka, keputusan ini bukan dari pihak BSB nya, tapi emang inisiatif dari pihak promotor untuk kasih kami prioritas! Gila! Terbaik banget kan promotornya?!!

Sumpah, semua udah senyum-senyum bahagia banget! Selain karena mau ketemu BSB ternyata promotornya baik banget! Terima kasih PK Entertainment dan TEM!!

Ketika gue udah masuk ke dalam gedung, sumpah AC-nya dingin banget!!! Udah gitu gue dengar suara Brian dan AJ yang letaknya ada di balik booth depan gue! Blitz kamera juga keliatan banget dari mata gue. Aduuuh, makin dingin lah tangan ini, udah kayak mayat aja hahaha. Kalau enggak salah, gue di antrian ke 4 atau 5 ya, intinya depan banget deh. Nah, di paling depan itu Kak Agnes, salah satu fans BSB yang gue kenal di gathering kemarin. Dia udah keluar dari booth dan bilang "Padahal gue udah pernah ketemu mereka tapi tetap aja gue enggak bisa ngapa-ngapain selain senyum!" Sumpah, jadi deg-degan kan gue! HAHAHAHA

Lalu, urutan antrian sudah semakin di depan (jadi masih tunggu 2 orang sebelum gue yang LAGI TERIAK HISTERIS KETEMU BSB), gue menaruh tas, belt bag, kipas Papah Howie ke atas meja yang udah tersedia. Di atas meja itu udah lumayan ramai barang-barang, jadi gue sempet mikir “barang-barang segitu banyaknya bakal ketuker enggak ya?” Kalau tas gue mungkin enggak, tapi kayak belt bag kan semua punya ya, untungnya gue enggak isi apa-apa sih di situ, cuma ada aqua gelas yang dikasih promotornya pas antri di depan gedung tadi. Nah giliran gue yang sekarang di paling depan, salah satu bodyguard BSB nge-bolongin ID VIP Upgrade gue pakai streples gitu, menandakan kalau gue udah ikut antrian MnG. Sampai akhirnya...

Kebodohan pun terjadi.

Jadi urutan member BSB di depan booth itu dari Brian, AJ, Nick, Kevin, lalu Howie. Begonya, saking shock-nya gue ngeliat Brian di depan gue, gue sempet nge-freeze sedetik dan mikir “Ternyata Brian tinggi banget yak” TERUS GUE AJAK SALAMAN DONG SAMPAI KE AJ!!!!! ANJIRRRR LU PIKIR KONDANGAN????? WWKKKWKWKWKWKW

DODOL BANGET GUE AH. APA SIH GUE INI???

Brian nya aja sampai kaget tau, gue ajak salaman HAHAHHAHA. Sementara gue salfok banget sama member BSB yang wangi-wangi bangeeeet! Apalagi AJ, gilaaaaa yah hot daddy banget! Badannya peluk-able banget! Tapi gue emang enggak mau ajak peluk-peluk gitu sih (walaupun gue menyesal akhirnya haha). Kemudian ketika gue ngeliat Nick, ternyata dia enggak ganteng-ganteng amat ah, entah kenapa beda aja gitu sama foto-fotonya. Tapi tinggi banget sih sampai gue mendengak lihat dia. Dia say Hi berkali-kali terus merangkul gue sambil arahin gue buat lihat ke kamera di depan. Nah, sebelum difoto, gue langsung bilang “Can you guys doing this?” sambil praktekkin finger heart ke depan mereka. AJ bingung sambil liatin dan akhirnya, CEKREK!!! 



Setelah foto, gue bilang “Hi, Kevin!” ke depan Kevin terus dia senyum yang menenangkan sanubari gitu. Sumpah, enggak keliatan kayak umur 49 tahun, ya!! Haha. Udah gitu terakhirnya ada Howie!!!!! Ya ampun mukanya glowing, shining, shimmering, splendid banget! Karena udah disuruh sama bodyguard BSB untuk cepat-cepat keluar dari antrian, jadi gue cuma bilang “Hi, Howie!” histeris dan dia balas dengan tersenyum lebar. Omaygatttt! Ganteng bangeeeeeetttttt!!!!! BERUNTUNG BANGET SIH LEIGH!!

Entah kenapa tuh semua muka member BSB enggak ada kerutannya deh di mata gue! Beda banget sama yang difoto. Walaupun sesi MnG nya enggak sampai semenit, tapi percaya lah beberapa detik tadi itu terasa sangat berharga buat gue. Setelah gue keluar dari tempat foto, tangan gue masih dingin  dan entah kenapa gue gemeteran (hahaha), lalu gue ambil barang-barang gue tadi. Untungnya enggak ketukar sih tapi tas gue jadi ada di tumpukan paling bawah. Kemudian gue keluar gedung sambil teriak histeris sama mbak-mbak yang tadi baru kenalan hahah. Histerisnya karena gue masih enggak percaya kalau gue baru ketemu member BSB. Still feels like a dream till today!



Di luar, gue udah mengantri di bagian festival. Gue sempet tukeran cerita sama beberapa mbak-mbak di sana. Kita semua masih enggak percaya dan yang gue tangkap dari cerita mereka, BSB itu super baik! Dipeluk-peluk, pose foto kayak gimana pun juga enggak nolak. Nick, yang biasanya paling moody-an juga lagi baik banget saat itu! Sayang banget deh kenapa gue enggak peluk satu-satu para daddy tadi hahaha. Karena emang alasan gue enggak mau peluk-peluk itu ya karena gue takut ditolak dan enggak enak sama mereka aja sih. Tapi jadinya gue nyesel sampai sekarang huhu

Kemudian semua orang udah menyelesaikan sesi MnG. Sekitar jam 6 sore baru selesai kalau enggak salah. Nah, kami langsung diarahkan untuk masuk lewat jalur khusus gitu. Untuk yang festival, ternyata ada shortcut buat masuk ke venue. Pas dibuka pintunya, wuuush, dingin banget venue-nya! Mas-masnya bilang “Masuknya jangan lari-lari ya!”. Awalnya sih enggak lari, tapi pas udah di dalam mah tetap lari! Wkwkwk

Setelah ngos-ngosan lari, alhamdulillah gue dapat di barisan paling depan! Gue lihat jam tangan gue, masih jam setengah 7 kurang seperempat. Tandanya masih 1 jam 45 menit lagi konsernya baru dimulai. Sementara open gate yang sesungguhnya jam setengah 7. Masih lama banget kan? Akhirnya gue ngobrol sama mbak-mbak di sebelah gue.

Sementara itu, gue lihat ke bagian fanzone di depan gue. Buseeet. Ternyata di dalam sana itu masih ada security-nya dong. Jadi kita enggak bisa dekat-dekat pinggir panggung juga. Udah gitu kalau di sana, bakalan dibelakangin sama member BSB kalau lagi perform di panggung yang paling depan (karena posisi fanzone itu berada di dalam panggung). Waaah untung gue kagak jadi beli yang fanzone!



Setelah open gate dan gue lihat orang-orang yang berlari masuk ke dalam hall (sama kayak kita tadi hahahah), menunggu lebih dari sejam, akhirnya lampu mulai dimatikan. Lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Sempat hening sebentar sampai akhirnya terdengar intro konser DNA World Tour! AAAAA tak sabar! Walaupun gue udah lihat di YouTube tapi sensasi ketika berada di konsernya beneran itu beda banget!

Kemudian intro Everyone terdengar. Orang-orang udah mulai nyanyiin (termasuk gue). Satu persatu member BSB naik ke atas panggung yang bikin satu hall teriak histeris. Bahkan gue inget banget kuping gue cuma bisa denger kresek-kresek saking tingginya orang-orang berteriak. Gue sampai mikir “Anjir ini gue pulang konser bisa budek dah nih” wkwkwkw. Setelah beberapa bait lagu Everyone, langsung dilanjut dengan I Wanna Be With You! Yes!

Posisi member BSB emang masih di panggung depan fanzone jadi gue memutuskan untuk enggak merekam apa-apa. Gue udah coba ngerekam juga sih tapi hasil video-nya pun shaky abis. Gue terlalu bersemangat nyanyiin lagu I Wanna Be With You sampai lupa kalau gue sedang merekam sesi itu hahaha

Di atas panggung, semua member BSB keren abis! Nah, anehnya tadi kan ketika MnG menurut gue Nick biasa aja ya, tapi entah kenapa saat ini gue liat dia keren banget! Selain karena udah pakai kostumnya (yang menurut gue paling keren setelah Kevin), dia juga udah makeup dan hairdo abis-abisan. Beda banget sih, kerenan yang di atas panggung haha. Suara Nick juga yang paling stabil, maklum sih ya namanya juga member paling muda.

Ketika lagu The Call berkumandang, semua orang di venue semangat banget nyanyiin. Gue yang enggak terlalu hapal, ikutan nyanyi juga dong walaupun dengan lirik seadanya haha. Semakin lama, semua member makin maju ke depan panggung. Apalagi pas bagian outro, teriakan di venue makin sadis karena semua member BSB sedang berjalan, mendekat ke pinggir panggung.

Sampai akhirnya BSB kecuali Brian, ke belakang panggung. Lampu menyorot solo ke arah Brian dan dia berceloteh dengan suara ala-ala badutnya dia. He was teasing us, apakah kita mau denger lagu yang mau dia nyanyikan. Kita udah teriak Yes dengan keras tapi dia tanya sekali lagi, “Are you sure?” dan dijawab kita YESSS sekencang mungkin. Dia bilang, “Ok, check this out..” lalu berdehem dan bernyanyi “And just last night we spilled red wine, how it stained the floor..” AAAAA salah satu lagu favoritku dari album DNA dinyanyiin akhirnya! Suara Brian cocok banget di lagu Nobody Else ini, karena kebetulan lagu ini lebih banyak pakai falsetto yang merupakan titik amannya Brian. Brian nyanyi sampai ke reff kemudian berhenti. Lalu dia bilang, kami persembahkan kalian album D-N-A.

Keluarlah satu persatu member BSB dari belakang panggung yang udah lepas jaket. Brian juga lempar jaket dia ke samping panggung. Musik intro New Love juga ikut mengiringi mereka. Sampai kemudian mereka berjalan ke panggung yang di depan gue! Histeris lah para warga melihat mereka yang semakin dekat hahahaha


To be honest, New Love ini yang bikin gue suka sama album DNA. Banyak banget lagu-lagu di DNA yang bikin gue kayak “ANJIIIR GUE HARUS NONTON BSB NIH!” Makanya gue seneng banget pas mereka nyanyiin lagu ini, udah gitu nyanyinya di depan gue lagi! Hahaha

Setelah lagu Get Down, tinggal Howie yang tersisa di atas panggung. Lampu menyorot ke arah Howie yang sedang memberikan preach dia tentang Backstreet Boys Legacy. Intinya, mereka ingin terus mempertahankan BSB hingga tahun-tahun selanjutnya. Kemudian dia nyanyiin salah satu lagu favorit doi dari album DNA (yang merupakan lagu favoritku juga) yaitu Chateau walaupun cuma beberapa bait sampai ke reff-nya.

Nah, kalau di konser BSB di luar negeri, tempat Howie berdiri seharusnya turun ke bawah panggung tapi yaaa namanya juga panggung di Asia Tenggara kan susah ya bawa peralatannya. Jadi dia cuma jalan ke belakang panggung. Terus muncul lah video break gitu selama mereka ganti kostum. Setelah video itu selesai, terdengarlah intro Show Me the Meaning of Being Lonely.

Skip, skip, sampai di bagian solo Nick di lagu The Way It Was. Salah satu favorit saya lagi! Haha. Nick sempat basa-basi tentang betapa mereka mencintai fans mereka di Jakarta. Terus dia kenalin lagu The Way It Was ini yang bercerita tentang betapa ‘gila’-nya seseorang ketika sedang jatuh cinta. Oiya, lo bisa lihat betapa kocaknya Brian kalau di atas panggung dalam video ini.


Terus, gue tuh norak banget deh kalau Howie lewat depan gue. Jadi gue bakalan langsung ngarahin kipas gue yang ada fotonya dia kalau doski lewat wkwkw. Udah gitu gue ngerekam pakai HP yang gue taruh di bawah dagu gue biar selalu ngikutin arah kepala gue. Jadi kalau kalian nonton video-video gue di YouTube, pasti bakalan goyang ke sana kemari..

Kemudian di lagu Shape of My Heart, ada salah satu fans BSB yang cerita kalau Kevin naik-naik ke tiang-tiang panggung di bagian kanan gue buat nyuruh mereka yang di sana untuk nyanyi. Awalnya gue juga enggak sadar tapi setelah gue tonton ulang.... Wkkwkwk inget umur, Pak!


Lagunya emang enggak full semua dinyanyiin. Ya, bakalan konser seharian penuh kalau dinyanyikan semua wkwk. Ketika setelah lagu Drowning, Kevin dan AJ ngobrol di atas panggung. AJ bilang kalau Jakarta itu kota ter-loudest, craziest, dan dia suka energi dari kita. Sampai akhirnya dia minta maaf udah terlalu lama untuk kembali ke Jakarta dan dia janji enggak akan membutuhkan waktu lama untuk balik ke Jakarta lagi! Yeeeesssh!

Kemudian Kevin bilang “Good evening, Jakarta. How are you feeling today?” dengan suara lembutnya itu, oh my god. Kevin bilang dia suka dengan fans di Jakarta yang sangat passionate. Dia juga bilang kalau BSB bakal mau konser di sini 2-3x lagi dan curhat kalau terakhir kali dia ke sini itu udah lama banget (Yap, Kevin terakhir ke Indo tahun 1996, waktu konser di tahun 2008 dan 2012 dia lagi 'break' dari BSB). Tak lama kemudian AJ dan Kevin ganti kostum di atas panggung dong! Mereka lempar ‘hadiah’ ke bagian fanzone yaitu celana dalam yang ada TTD Kevin sama kaus (kalau enggak salah) yang ada TTD AJ nya. NAAAH itu lah keuntungannya ada di fanzone! Huhuhu. Oke, aku rapopo.


Setelah itu lagu Passionate yang terdengar, lalu Quit Playing Games (with my heart). Wooow aku suka banget lagu ini! Kayaknya sih hampir semua fans BSB suka juga sama music video-nya (if you know what I mean, lol). Pas banget dong, semua member BSB duduk di panggung, santuy-santuy, dan kebetulan yang duduk di depan gue itu Kevin! Cuci mata banget dah ah. Udah gitu dia kasih finger heart ke penonton di depan dia sampai bikin gue histeris hahaha.


Ketika di lagu As Long As You Love Me, gue bisa lihat Nick yang keliatan mukanya merah banget. Kayaknya dia kena flu deh. Tapi hebatnya dia masih bisa perform bagus banget! Suaranya tetap stabil, dance-nya juga tetap energik. Udah gitu, dia banyak banget celotehnya di atas panggung. Soalnya ada salah satu fans BSB yang cerita ketika di Singapura, Nick keliatan lebih diam dan moody banget.

“I don’t care who you are, where you’re from, what you did, as long as you love me...”


Sampai akhirnya di bagian favorit gue! Ini kejadian cuma di Indonesia aja nih! Jadi, BSB sempet break gitu, ngobrol santai di atas panggung setelah lagu No Place. Nah, mereka notice kalau beberapa fans bawa kipas dengan wajah anak-anak dan istri semua member BSB (keliatan Brian sedih karena enggak ada kipas Baylee, anaknya, padahal ada cuma dia enggak lihat). Semua kipas-kipas itu merupakan salah satu project dari BSB Indonesia, keren kaaan di notice mereka? Kevin bilang itulah makna lagu No Place yang merupakan lagu tentang keluarga. Dia berterima kasih sama semua orang yang ada di venue yang sudah menjadi keluarga BSB selama 26 tahun. Dia juga curhat sampai ajak semua anak mereka untuk turut serta dalam pembuatan video musik No Place itu. Di sana, Nick keliatan tulus banget senyumnya pas lihat ada kipas dengan foto Saoirse, anaknya yang baru lahir. Kemudian semua member ucapin selamat atas kelahiran Saoirse. 

Sementara AJ berceletuk, “Nick, welcome to the world of having a girl..” sambil peluk Nick. “If you need every advice from me... don’t ask.” Lalu semua ketawa dan dilanjut AJ dengan muka merenung yang lebay. “I’m still trying to figure it out.”

Lalu semua ketawa lagi hahaha.

Kemudian AJ bilang. “Kalian masih ingat enggak sih ketika kita masih kecil kayak gini? Itu sudah lama banget, Bro.” Terus Nick bilang, “Aku sih udah tidak terlalu mengingatnya tapi aku tau siapa (yang ingat). Hey, Brian.”

AJ bercanda dengan panggil “Hey, Brian” berkali-kali pakai nada aneh wkwkw.

Terus dilanjut Nick. “Brian ingat semuanya.”

“Ya, aku memang seperti gajah.” sahut Brian.

Brian gets a mind like an elephant. He never forgets.” ujar Nick lalu dia bertanya. “Hey, Do you remember how (old) we were when we first met?”

“Yes, I know how old of us actually.”

“What about you?” tunjuk Nick ke Brian sambil senyum-senyum.

I was 18.” Jawab Brian PD. Semua teriak bergemuruh. Brian benar.

“How was Howie, Brian?”

“Howie umurnya 19 tahun.” Jawab Brian lagi.

“How was AJ?"

AJ was 14.” Jawab Brian sambil menunjukkan gigi-giginya.

“How about your cousin?” tanya AJ sambil nunjuk ke Kevin.

Brian menjawab dengan panjang x lebar x tinggi. “Kevin, you are the only legal Backstreet Boys, you were 21.” HAHAHAHHA

“Terus gimana kalau aku?” tanya Nick.

“Nick, you were 13.” Brian menjawab dengan suara ala anak kecil tapi habis itu direvisi sama dia. “Oh, the f*ck, I’m sorry, you were 12.”

Tapi langsung diralat lagi sama Nick kalau yang benar itu 13 tahun. Sampai akhirnya Brian mocking cara ngomong Nick dulu yang kayak anak kecil dan Nick bilang kalau ledekan itu terjadi ‘every single night and it’s embarassing’ ahaha. Kemudian Brian langsung acting kejadian dulu mereka kenalan,

Hi, my name is Brian.” Lalu Nick bilang “Hi, my name is Nick” dengan suara ala anak kecil. Semua penonton langsung ketawa dengar cara Brian ngomong yang selalu ‘mocking’ suara Nick kecil dulu.

“Look at the belly,” Nick nunjuk ke perut Kevin. “It’s not that funny!” protes Nick sambil ketawa. Tapi ditimpali oleh AJ.

“He loved that one.”

“Hey, Brian, you need to take this (joke) on the road, man.” Kata Kevin.

“You should.” AJ ikutan setuju.

Kemudian terjadilah momen Frick n’ Frack di sini. In case you don't know, Frick n' Frack merupakan nama yang dibuat oleh Brian dan Nick saking seringnya mereka itu becanda dan aneh-anehan bareng.

“Hey, you know what I’m thinking?” tanya Nick sambil nyamperin Brian.

“What?”

“If that’s how I sounded, do you remember how you sound when we first met?” tanya Nick.

Terus Brian langsung praktekkin dia kenalan dan bilang “Hi, my name..” tapi dipotong Nick yang bilang, It’s sound like, ‘How are you doing? My name is Brian Litrell’.” Dengan suara super nge-bass yang bikin muka Brian mengernyit aneh wkkwkw.

“I didn’t sound like that!”

Tapi Nick terus mocking cara ngomong Brian yang aneh itu. Hahah wajar sih karena Brian itu asalnya dari bagian selatan Amerika jadi cara ngomongnya kayak koboy-koboy gitu. Walaupun sebetulnya cara ngomongnya Nick itu kurang tepat yang akhirnya direvisi dia lagi. Dia merangkul Brian terus bilang, “Lelaki ini ketika pertama kali kita bertemu, kalau enggak salah aku baru keluar dari rumah tempat kami berada, and I’m like “Hi, I’m Nick” (dia peragain suara anak kecil dia wkwkw) and he goes, “Hi, I’m new, my name is Brian Litreeelllllllll”.” Dengan logat country yang kental. HAHAHAHHAHA

Brian ikutan ngakak dan balas. “I’m country. I’m just country.”


Lalu mereka berdua lanjut ledek-ledekan gitu wkkwk. Terus mereka mengaku kalau mereka sama-sama punya suara yang lucu ketika pertama kali bertemu. Akhirnya setelah intermezzo panjang itu, Nick dan Brian nyamperin Howie dan Howie bilang kalau mereka akan acapella lagi! Tepatnya di lagu Breathe.

Kalau mau liat momen ketika mereka intermezzo lebih jelasnya, nih ada video-nya wkwkw


Di lagu Don’t Wanna Lose You Now, BSB Indonesia punya project lagi lho! Jadi yang di seatplan Yellow dan Blue (alias di paling belakang) akan menyalakan senter HP mereka yang udah ditempel stiker warna merah. Otomatis, warna senter mereka bakalan jadi warna merah. Nah, yang di bagian fanzone dan festival (alias di paling depan), kita nyalain senter HP biasa aja. Harapannya setelah melakukan ini, BSB akan lihat kita bikin bendera merah putih gitu! Keren deh. Sayang banget sih gue enggak bisa lihat dan BSB enggak bocorin video-nya. Padahal mereka ngerekam lho pas momen itu.


Setelah lagu I’ll Never Break Your Heart, ada video break gitu yang isinya mereka-mereka ketika masih debut. Suaranya masih ABG banget deh ahaha. Penonton semua histeris apalagi di bagian Kevin. Nah, ketika sudah selesai, Nick yang mulai nyanyi All I Have to Give terlebih dahulu. Sumpah ya suara dia enak banget di situ apalagi pas Nick humming sebelum masuk ke lagunya, jujur gue lebih suka suara dia ketika nyanyi lagu ini live. Udah gitu kan ini lagu favorit gue ya, makanya gue nyanyi paling keras di sini haha.

“I don’t know what he does to make you cry. But I’ll be there to make you smile...”


Sampai akhirnya mereka ganti kostum dulu tuh jadi kayak balik ke white era of BSB wkwk. Mereka bawain lagu-lagu jaman jadulnya BSB kayak Everybody, We’ve Got It Goin’ On, It’s Gonna Be You, That’s The Way I Like It, The One, lalu ditutup oleh lagu sejuta umat yaitu I Want It That Way.


Pas di bagian tadi, berasa kayak lagi disko tahun 90-an gitu wkwkw. Udah gitu setelah selesai lagu I Want It That Way kan mereka sok-sok an ke belakang panggung gitu ya, kayak udah selesai gitu konsernya. Ehh enggak berapa lama kemudian, mereka muncul lagi bawain lagu Don’t Go Breaking My Heart dan Larger Than Life kemudian berakhirlah konser ini.

Enggak kerasa banget deh 2 jam bareng Backstreet Boys! Gue yang sadar udah jam 10 langsung buru-buru ke luar hall, ke arah tempat paramedis buat ambil tolak angin dan freshcare gue tadi. Sebetulnya mah ditinggal juga enggak apa-apa tapi sayang duitnya kalau beli lagi wkwk. Akhirnya gue sudah berada di kerumunan yang ambil obat juga kayak gue. Ternyata semua obat-obatnya disatukan ke dalam satu kardus jadi ribet banget ambilnya. Untungnya punya gue langsung ketemu. Kemudian gue keluar venue buru-buru untuk mengejar kereta terakhir.

Gue sempet googling kalau stasiun terdekat itu Stasiun Rajawali. Tapi ternyata jam 10-an kereta terakhir udah enggak ada! Ya ampun. Kata petugasnya, coba ke stasiun Mangga Besar. Baiklah, sambil terburu-buru, gue pesen gojek lagi dan langsung kabur. Daripada gue naik grabcar lagi kan dari JIExpo, sayang banget duitnya huhu

Untungnya pas gue sampai di stasiun Mangga Besar, kata petugasnya masih ada kereta terakhir ke Bekasi. Alhamdulillah! Gue lega banget dengarnya. Ketika di dalam kereta, gue mengulang-ulang video hasil rekaman gue. Vibes-nya masih terasa coy! Dari awal perjuangan gue war tiket, perjalanan berangkat yang super apes, ketemu Backstreet Boys face to face, dapet spot paling depan panggung, konser yang super megah, momen Frick n' Frack, juga beberapa lagu favorit gue yang dibawakan mereka. Ini sih pengalaman nonton konser terbaik seumur hidup gue! I won’t ever forget this!

Enggak terasa dong, kalau tulisan gue ini udah mencapai 11 halaman Microsoft Word haha. Mungkin kalian yang baca bakal bosen ya but it was one of the highest peak of my happiness. Postingan sepanjang ini rasanya belum cukup untuk menceritakan segala hal yang gue rasakan saat itu. Dari gue yang ketemu sama mbak-mbak yang lucky abis bisa MnG dan nonton konser BSB gratis, atau gue yang excited banget setiap member BSB yang kasih finger heart ke penonton, banyaaakkk banget yang udah gue skip tapi tetap aja sepanjang ini postingannya.

At least, I want to thank the promotors for the best experience they gave me on that night! You guys created a very magical show I’ve ever seen in my life! Words can’t decribe my entire feeling about this so thank you very much! I will recommend to my friends to come to your shows, later after this-damn-corona outbreak is over!

Setlist:




You May Also Like

0 comments

//]]>