Review Album : Story Untold - Story Untold EP (2016)

by - 11:40 PM

Gue dapet banyak banget album yang rilis di tahun 2017. Sampai gue sendiri bingung mau bikin review yang mana dulu, saking banyaknya. Akhirnya setelah menimang-nimang, pilihan gue jatuh kepada...

Story Untold – Story Untold EP


Album yang sebetulnya udah lama dirilis, yah di tahun 2016. Belum lama-lama amat sih. Tapi berhubung gue lagi kecewa sama banyak banget band yang rilis album tahun ini, Story Untold merupakan album ‘penyegar’ di antara kekeringan ini :’)

Band yang berasal dari Montreal, Kanada ini merupakan salah satu band pop punk yang baru netas. Ibaratnya kalau di siklus seekor ayam, dia masih bayi ayam yang merah-merah gitu. Benar-benar baru banget ini band meskipun awal terbentuknya udah lumayan lama.

Awalnya nama band ini Amasic. Tapi entah gimana berubah menjadi Story Untold yang sebetulnya enggak terlalu penting buat gue jelasin di sini (karena gue mau review albumnya kan). Mereka join ke Hopeless Records (yang merupakan label record terbaik menurut gue) bulan Mei 2016 dan menelurkan album ini. Mereka juga sempat ikut tour nya Simple Plan dan Hit the Lights. Greget banget kan ya? :)

Katanya sih lagu-lagu di album ini sebagian berasal dari lagu-lagu di album ketika masih bernama Amasic. Tapi ada trek tambahan yaitu History, What If, dan Give Up On Us. Di album ini juga treknya enggak banyak-banyak kok. Cuma 7 lagu, yaitu:
  1. Everything is OK
  2. You’re A Freak
  3. History
  4. Give Up On Us
  5. Another Night
  6. If I Had One Dollar
  7. What If

Genre albumnya sih pop-rock, pop-punk, alternative. Salah satu genre yang gue cari-cari di tahun ini karena semakin langka.

Untuk deskripsi tiap lagu, gue bikin review-nya di bawah ini:

Everything is OK
Gue suka banget sama lagu ini. Cocok banget buat jadi pembuka di album ber-genre tipe kaya gini. Isinya sih tentang orang yang benci sama sesuatu di sekitarnya. Tapi dia mendapat ‘pencerahan’ kalau dia harus cari cara biar enggak kayak gitu dan yakin kalau semuanya baik-baik aja. Sebagai trek pembuka, gue suka sama suasana yang dibuat di lagu ini. Jadi ada positive vibe-nya gitu. Bikin gue jadi penasaran sama lagu setelah ini.

You’re A Freak
Entah kenapa suara si Janick mirip banget Billie Joe-nya Green Day. Di sini pop-punk nya terasa banget. Berasa lo lagi nostalgia sama lagu-lagu Green Day. Isinya sih yaa biasa ya lagu-lagu pop-punk tuh pasti ada yang menyuruh orang untuk pergi dari kehidupannya haha. Kebetulan ini orang annoying banget dan kata Story Untold, “Lo tuh freak banget, mending pergi aja dah.”

History
Ini lagu yang bikin gue jatuh cinta kedua kali sama Story Untold (nanti yang pertamanya gue jelasin haha). Di awal-awal akan ada akustik gitar kemudian di bagian reff langsung disamber sama suara drumnya yang keren bangeeeeet! Hahaha. Oh iya lagu ini bercerita tentang seseorang yang punya mimpi dan kata orang lain yaaa 'mimpi banget loh, ketinggian mimpi lo' haha. Tapi kata si seseorang itu, dia enggak akan pernah menyerah bahkan meninggalkan semuanya dan membuat ‘sejarah’ dari perjalanan dia meraih mimpi.



Give Up On Us
Salah satu trek favorit gue. Lagunya tuh kayak apa yaa, bingung gue jelasinnya. Enak banget intinya. Dan suara si Janick sedikit mirip Om Pierre-nya Simple Plan di sini haha. Isi lagunya sih udah keliatan dari judulnya, tentang orang yang udah menyerah sama hubungannya. Karena semuanya fake jadi mending kita akhiri saja semua ini :’)


Another Night
Lagu pop-punk again. Yahhh jelas laaah namanya juga album dari band pop-punk. Kalau dilihat dari liriknya sih ini tipe-tipe anak nanggung yang bingung mau ngapain jadi yaa main keluar dah. Kalau pun waktu di malam itu enggak cukup, masih ada another night.

If I Had One Dollar
Masih ditemani sama lagu pop-punk kok. Tenang aja. Enggak bosen didengerinnya. Menurut gue isi lagu ini kaga terlalu nyambung sama judulnya. Tapi ya udin lah ya. Jadi ceritanya ada seseorang yang punya pacar yaa tapi pacarnya tuh kayak lambe turah, nyinyir abis. Diomongin di belakang, dibilang anak punk enggak punya masa depan. Dan kata pacarnya kalau dia punya satu dollar baru dibilang kaya. Dan si orang ini baru sadar lah kalau pacarnya kaga beres hahaha.

What If
Story Untold tuh lagu-lagunya sih kebanyakan tentang relationship sama seseorang ya. Termasuk lagu ini. Liriknya menceritakan tentang ‘pengandaian’. Coba kalau dulu gue udah nolak dia duluan, apa mungkin si cewek cinta dia tapi si cowok enggak bisa lihat itu. Yang ujung-ujungnya sih si cewek selingkuh huhu. Lagu ini sedikit electronic tapi tetep keren kok. Gue suka karena lagunya benar-benar easy listening so you may give it a try!

__________________________________


Setelah gue ditemani Story Untold selama sekitar 20 menit, gue langsung jatuh cinta sama albumnya. Untuk sekelas EP (atau debut) ini udah termasuk berbobot sih. Meskipun dari segi isi atau lirik lagunya enggak terlalu ‘kaya’, tapi not bad lah. Gue udah haus sama album sejenis ini dan menurut gue album ini enggak mengecewakan. Good job, Story Untold!

Trek favorit gue dari album ini? Jelas Everything is OK, History, Give Up On Us, If I Had One Dollar, dan What If.

Oh iya, asal mula gue tau ini band setelah gue jalan-jalan di YouTube Channel nya Hopeless Records, seperti biasa. Pertamanya gue dapet lagu Delete yang merupakan single dari Story Untold ini. Dan reaksi gue setelah dengar lagu Delete adalah... WOW. Bikin gue jatuh cinta. Gue harus dengerin lagu Story Untold yang lain nih ahahah



Akhirnya ketemu lah music video History. Gue baca deskripsi videonya, ternyata masih baru tjoy. Oke lah gue download satu album ini dan gue semakin cintah dengan Hopeless Records yang selalu bersedia menampung band-band underground tapi berbakat kayak gini. (fact: cewek di MV Delete itu ceweknya Janick beneran hahahah pantesan dihayati banget tiap adegannya).

Personilnya tinggal 4 orang di depan ya, si drummer bukan anggota personilnya makanya agak enggak nyambung sama rambutnya ahahah

Di video Delete, banyaaaaaakkk banget yang nyamain Janick sama Alex Gaskarth yang sebetulnya sih... enggak mirip-mirip amat. Mungkin topi sama rambut sampingnya itu yang mirip. Sisanya sih kagak. Udah gitu, rata-rata yang komentar para fans All Time Low yang sakit hati dengan Last Young Renegade dan menaruh harapan banyak sama Story Untold hahaha. Tbh I do feel the same way but I’m still a proud Hustler :)

Btw, Story Untold katanya mau rilis album full-nya tahun ini, judulnya Waves. Buktinya Delete yang merupakan single terbaru dari Story Untold baru dikeluarin tahun ini so yeah it’s a positive yes. Kalau kalian mau download lagu Delete, mereka menyediakan website official buat purchase lagunya selain iTunes kok. Udah gitu, bisa purchase pakai VCC juga (VCC = Virtual Credit Card). Kalau enggak tau VCC apaan, bisa di-google ya :) Seenggaknya Story Untold kasih opsi lain buat para non-iPhone user. Jadi dukung mereka yaaa cuma 13 ribu-an rupiah kok haha

Link download nya (official) : https://storyuntold.bandcamp.com/
Ini album barunya nanti





Sempat gue surfing di Wikipedia, ternyata Story Untold ini anak didiknya Simple Plan lho. Semua lagu di album Story Untold itu ciptaan Janick, sang vokalis, kecuali History. Karena penciptaan lagu History selain dibuat oleh Janick, ada campur tangan si Pierre Bouvier dan Chuck Comeau yang kedua-duanya merupakan personil Simple Plan. Udah gitu Story Untold juga dibantuin sama salah satu personilnya Silverstein! WOOOW


Bersama Simple Plan
P.s. : kalau mau baca review gue tentang album baru Simple Plan – Taking One For the Team, bisa di sini

Lalu bagaimana penilaian gue tentang album ini? Hmmm gue bisa kasih rating 3.5 dari 5 ya. Everything’s OK, sama kaya dengan salah lagu di sini haha. Mereka udah punya bibit buat lanjut ke step selanjutnya. Apalagi yang bawa mereka si Hopeless jadi gue sedikit bersyukur. Semoga Story Untold semakin keren yaa abis meluncurkan album full-nya nanti.

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Story_Untold_(band)
https://en.wikipedia.org/wiki/Story_Untold_(Story_Untold_EP)
https://www.instagram.com/storyuntoldca/ (gambar-gambar di sini rata-rata ketika personilnya masih 5 orang, sekarang tinggal 4 yhaaa)

You May Also Like

5 comments

  1. tumben ga review albumnya atl :/

    apakah lo salah satu yg kecewa dgn album baru atl??

    *btw gue jd pnasaran sm everything is ok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencananya sih abis 1 postingan lagi baru bahas tentang ATL. Juhur loh gue denger Last Young Renegade cuma 5 lagu abis itu ketiduran hahah entah emg lagunya bikin ngantuk atau emg gue lagi ngantuk banget.

      Kalo kecewa sih hmmmm ntar gue bahas di postingannya aja deh soalnya gue belum selesai dengerin albumnya hahah

      Dengerin ajaaa, kalau suka pop punk pasti suka Story Untold koook

      Delete
  2. Jauh lebih suka pas mereka masih bernama Amasic sih, apalagi pas mereka ngecover lagunya OMI yang cheerleader itu. kalo pas udah jadi Story Untold kayaknya nggak cocok dah di kuping gue wkwkwkwk :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak beda selera sih. Sebetulnya gue kan lg masa pencarian band krn keciwi sm album baru nya ATL dan pas nemu ini band tuh kak waaaah bgt. Dan menurut gue sih Amasic dan Story Untold enak2 ae di kuping guee

      Delete

Jangan malu-malu kalau mau comment. Feel free to share thoughts!
Kecuali buat para iklan-iklan enggak jelas, you're not welcome here.