Review Album : Simple Plan - Taking One for the Team (2016)

by - 12:43 AM

Haiiiii lama bener gue nggak bikin postingan. Ini postingan aja gue bikin lewat HP sambil dengerin lagu-lagu dari album keyen bingits menurut gue,

Taking One for the Team!


Enggak tau kenapa gue suka banget fotonya. Kesannya kayak solid aja mereka, gilaaa 15 tahun enggak pernah bongkar pasang personel.

Awalnya, gue ini bukan penggemar Simple Plan hardcore yang sampek meng-claim dirinya Astronouts or whatever. Tapi berhubung gue udah nonton konser mereka tanggal 4 September kemaren...SYIT. WTF WAS I DOING BEFORE?


Ketika gue tau album ini, gue sangat berbahagia dan bersuka cita. Kenapa? Karena setelah gue dengerin semuaaaaa lagu di album ini, gue mengerti kenapa Simple Plan butuh waktu 2 tahun penyusunannya. Album ini bisa dibilang salah satu the best album setelah Album The Maine (pernah gue bahas, tinggal klik link ajaa).

Saat lo dengar album ini, lo akan merasakan perubahan musik dari Simple Plan. Mereka kayak balik ke awal lagi tapi tetep ada nuansa kekinian juga. Bingung? Hmmm..

Jadi gini, di album ini emang lebih banyak lagu-lagu Pop-Rock, sedikit alternative juga. Tapi ada beberapa yang genrenya jadi Pop menurut gue. Akustik juga ada. Lagu joget juga ada. Campur-campur lah.

Menurut gue sih enggak masalah. Simple Plan itu bukan band baru lagi jadi mereka udah tau kiblat musik mereka kemana. Meskipun mereka bikin lagu dangdut juga tetep aja mereka stay di asal muasal mereka, band pop rock. 


Oh iya, berbeda dengan review-review sebelumnya, gue bakal menjelaskan isi tiap lagunya yak juga pendapat gue tentang lagu itu. Urutan deskripsinya sesuai juga dengan urutan lagu di Taking One for the Team nya yang berisi 14 track:
  1. Opinion Overload
  2. Boom
  3. Kiss Me Like Nobody's Watching
  4. Farewell (feat. Jordan Pundik)
  5. Singing in the Rain (feat. R. City)
  6. Everything Sucks
  7. I Refuse
  8. I Don't Wanna Go To Bed (feat. Nelly)
  9. Nostalgic
  10. Perfectly Perfect
  11. I Don't Wanna Be Sad
  12. P.S. I Hate You
  13. Problem Child
  14. I Dream About You (feat. Juliet Simms)

Opinion Overload
Ini lagu cocok banget jadi pembuka menurut gue. Kayak Simple Plan tuh pengen bikin semangat lu terkobar-kobar padahal lo baru buka pintunya. Dan Sebastién, gitarisnya juga suka sama lagu ini (kayak gue). Dia bilang sih karena gitarnya yang dedet det dededet (dia praktekin bunyinya) dan menurut dia keren aja gitu.

EMANG IYA !! -___-




Lagunya sendiri sih menceritakan masalah yang 'gue banget' (halah). Jadi ada orang yang kerjaannya jatohin lo mulu, nyari-nyari kesalahan lo terus lah bahasanya. Kita udah ngikutin maunya dia apa tapi dia tetep aja nggak mau ngerti. Intinya kita selalu salah di mata dia. Fck, this is what I'm facing right now.

Boom
Kalau ini lagu sebetulnya udah tau dari lama sih. Pas ada Alternative Press Awards 2015 kemaren, Simple Plan bawain ini lagu. Jadi gue enggak kaget pas tau ini lagu nyempil di sini. Menurut gue sih tetep khasnya Simple Plan yang rock alternative itu. Kalo isi lagunya, ini menceritakan tentang seseorang yang bikin hati lo menggila seperti BOOM. Yaa intinya mah itu..



Kiss Me Like Nobody's Watching
Dari judul aja udah ketauan lah isi lagunya.. jadi ada orang yang lagi mabok cinta dan enggak peduli orang ngeliatin aneh, pokoknya tetep kissing-_- Menurut gue, dari jenis lagu masih setipe kayak dua sebelumnya yang rock alternative. Dan beat lagu ini bikin lo mengangguk-anggukkan kepala karena emang enak.

Farewell (feat. Jordan Pundik)
Lagu FAVORIT nih hahaha. Selain karena featuring sama vokalisnya New Found Glory, gue takjub sama lagu ini karena iramanya enak banget. Suara bass nya juga kenceng banget, gilss gue selalu suka suara bass haha.

Isi lagunya sendiri agak complicated sih. Jadi kayak ada perpisahan yang dipaksakan. Dan perpisahan itu bukan karena mau jatuhin doi. Tapi karena kita enggak bisa balik kaya dulu. Pokoknya kita harus pisah demi kebaikan kita berdua hazeeg

Singing in the Rain (feat. R. City)
Ini lagunya kayak lagu reggae menurut gue. Enak buat joget dah haha. Cuma gue pribadi sih agak terganggu sama suara rappernya. Gue lebih suka versi Simple Plan nya aja, yang dijadiin single sama mereka. Dibanding versi di album ini.



Kalo isi lagu, ceritanya kayak orang yang lagi sedih tapi berusaha biar seneng. Ya caranya dengan nyanyi di tengah hujan gitu. Gue sih nangkepnya 'hujan' di sini artinya kesedihan juga, apa gue sok tau nih -_-

Everything Sucks
Ini lagunya alternative rock gitu kali ya. Enak sih. Kalo dari isi lagu, entah kenapa Simple Plan seneng banget bikin lagu orang gagal move on di album ini deh-_- isinya tentang orang yang enggak bisa move on sampe keliatan gila, lagu apapun enggak kedengeran enak, pokoknya semua terasa hambar karena enggak ada sang mantan.

I Refuse
Ini lagu punk banget. Keren sih udah tua-tua masih bisa nge-punk hahaha. Kalo isi lagu tentang seseorang yang mending lo enyah aja lah. Enggak ada yang butuh lo disini. Dan gue ogah minta maaf meskipun dulu pernah kasarin lo lah ibaratnya.

I Don't Wanna Go To Bed (feat. Nelly)
Lagunya agak pop gitu. Yaaa featuring nya aja sama siapa kann. Gue sih tetep suka. Kalo lirik lagu, gue nangkepnya kayak one night stand yang berujung-ujung kepikiran terus. Sampek sampek dia enggak mau tidur kalau lo enggak ada di sini. 'Kita tuh cocok tapi kenapa enggak jodoh??' Kata Simple Plan. Meskipun begitu, gue enggak tau deh cocok atau enggak sama video klipnya, kalian tonton aja lah sendiri-_-



Nostalgic
Ini lagu pop punk lagi. Dan lagu gagal move on 'lagi' (heran deh gue, padahal ini band isinya bapak-bapak semua yaa tapi lagunya begindang. Meskipun galaunya bukan galau nelangsa sih) ceritanya tentang mantan terindah yang tiap barang di hadapan kita dan kejadian yang terjadi itu mengingatkan kita sama sang mantan. Dan si orang ini juga udah capek nostalgia terus. Huhuhuf

Perfectly Perfect
Ini lagu akustik niiih. Enak banget gitarnya o em geh. Suara Pierre juga membawa gue ikut hanyut sama lagunya. Isi lagunya tentang cewe atau doi lah yang mungkin anggep dirinya bukan apa-apa. Biasa aja. Tapi di mata kita sangat sempurna. Yaa gituu.

I Don't Wanna Be Sad
Ini lagu sejenis rock and roll gitu. Beat nya riang gembira lah, mungkin sesuai tujuannya yang 'enggak mau sedih'. Isi lagunya tentang orang yang udah terlalu lama bersedih (bahkan di liriknya bilang, saking banyaknya air mata sampe jadi lautan dan bisa berenang di laut penderitaan). Dan orang yang bersedih ini akhirnya sadar dan bertekad enggak mau sedih lagi meskipun dia tau suatu hari nanti masih bisa sedih lagi.

P.S. I Hate You
Lagunya pop punk nih. Lagunya tentang cewe namanya Sophia yang awalnya pacaran anget-anget lah. Ehh lama-lama sering berantem. Sampai akhirnya Sophia ngeluarin air mata buaya dan mutusin hubungan gitu aja sampe si orang ini berharap Sophia dapet cowo yang bakal patahin hatinya kayak yang Sophia lakuin ke orang ini.

Problem Child
Ini lagu akustik lagiii. Lagunya sih sedih banget. Gue ngerasa ini lagu kayak lanjutannya lagu Perfect. Karena di Perfect kan dia jadi anak yang enggak berguna dan dalam proses mau nyenengin orang tuanya. Nah di lagu ini udah terlambat banget. Gue sih kurang nangkep si orangtua meninggal atau kenapa tapi ya si anak mau minta maaf atas segala hal yang pernah dia ucapin. Juga buat air mata yang pernah ada ketika dulu bertengkar.

I Dream About You (feat. Juliet Simms)
Sepertinya ini lagu emang didedikasikan buat jadi penutup album ini. Kayak lo nonton film di bioskop, terus filmnya abis dan keluar lah credit film. Naah ini lagu tuh cocok buat bagian credit haha.

Isi lagunya sih kayak ada seseorang yang enggak perfect lah, malah cenderung kurang. Dia menyukai seseorang yang kebetulan orang terdekatnya juga (mungkin sahabatnya) dan suatu malam dia mimpiin sahabatnya itu. Makanya si orang ini enggak mau bangun dari mimpi, saking indahnya mimpi itu.

----o0o----

Dari segi material lagu, semua lagu-lagu di album ini padat banget. Enggak ada yang namanya asal bikin lagu yang penting ini album jadi, ibaratnya gitu. Mungkin sesuai dengan pernyataan Simple Plan juga yang pengen bawain 'the old Simple Plan' lagi tapi tetep nyoba genre-genre baru. Kayak lagu Singing in the Rain itu mungkin?


Kalau untuk saran lagu, gue sih rekomen banget: Opinion Overload, Farewell, I Refuse, dan Singing in the Rain. Setelah denger yang tadi, baru coba denger yang lain. Satu album isinya enak semua kook lagunya.

Senyuman Om Pierre bikin salfok banget buset :')

Sekian review gue! Mungkin gue belom bisa update lagu-lagu ini ke postingan gue yang Lagu-lagu Enak Menurut Gue karena rempoooong. Gue harus pindahin lebih dari 100 lagu ke PC dulu habisnya hahaha. Nyicil juga tetep aja...males. Udah keburu down inget jumlah lagunya.

You May Also Like

7 comments

  1. Baru dengerin yang opinion overload ... yang lain belom wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak2 lagunyaaa dengerin dah San hahaha

      Delete
    2. baru aja dengerin problem child, ps i hate you sama nostalgic, yang problem child lumayan asik sih lagunya (walau kukira akustik seluruhnya) yang ps i hate you sempet ku share eh temenku baper katanya dia nyanyi 'dear novhia ... i think im better off without you' (fyi: novhia itu mantannya :v), yang nostalgic pas di intro malah jadi keinget band rufio

      Delete
    3. Wakakak jd curhat. Bilangin temen lo jgn baper wqwqw

      Problem Child emg baguuus, enak buat nemenin tidur. Yg nostalgic agak2 mirip lagu org sihh tp ga tau lagu apaan haha

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Gile, gue paling suka album ini. Dengan Get Your Heart On!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeppp get your heart on itu termasuk album favorit juga :))

      Delete

Jangan malu-malu kalau mau comment. Feel free to share thoughts!
Kecuali buat para iklan-iklan enggak jelas, you're not welcome here.