Novel-novel Bagus di Wattpad? Emang ada? #2

by - 3:57 AM

Sebelum baca postingan ini, siapa tau mau cek ke bagian pertamanya Novel-novel Bagus di Wattpad? Emang ada? #1

7 Tips Mudah Meraup Uang dari Wattpad - kumparan.com

       Gile yee, setelah satu dasawarsa (apa sih) gue baru lanjutin postingan ini. Karena gue pengen bikin postingan dengan jenis yang lain gitu, tapi tiba-tiba gue teringat sama hutang gue yang ini. Udah gitu, tiap gue buka statistik di blogger, postingan Novel-novel Bagus di Wattpad? Emang ada? #1 itu selalu masuk SEO pencarian. Ditambah, di kolom komentarnya ada yang nanyain lanjutan postingan ini pula. Oke oke, gue mengikuti keinginan kalian semua! Tenang ya, tenang! (siapa sih lo, sok penting wkwkkw)

       Akhirnya gue buka lah itu wattpad gue yang udah berdebu buat jadi bahan postingan ini. Rencana awalnya, postingan ini berisi novel-novel wattpad yang menurut gue bagus DAN hanya tersedia di wattpad. EH Eh ternyata, saking lamanya gue enggak pernah buka wattpad, gue baru sadar beberapa novelnya udah ada yang versi cetak dan e-book PlayBook-nya. Haduh, maafkan saya ya, saya lama banget update-nya-_-
  
       Jelas ya, karena gue udah lama bangeeet enggak update, novel-novel di bawah ini juga kebanyakan udah rilis sebelum tahun 2017. Udah lama banget kan? Tapi cerita-ceritanya masih enak banget kok buat diikuti. Oke lah, daripada lama mending langsung cekidot!

The General's Wife: Revolutions
Karya: Sairaakira
Genre: Romance, Sci-Fi

The General's Wife - Sinopsis - Wattpad

       Dulu judul novel ini cuma The General's Wife, gue ketinggalan banget sampai baru tau judulnya udah di upgrade-__- Ini merupakan salah satu novel romance-sci fi yang gue suka dari penulis Sairaakira. Jadi ceritanya ada perempuan yang bernama Asia yang 'dipaksa' untuk menjadi istri dari penguasa negara satu-satunya yang ada setelah terjadi perang nuklir di Bumi, After Earth. Suaminya itu bernama Jenderal Akira; penguasa bengis, kasar, dan berhati dingin. Tidak terkecuali terhadap Asia. Dia hanya menganggap Asia sebagai 'mesin pembuat anaknya' bukan isterinya sehingga Asia sering berusaha untuk kabur dan bunuh diri untuk lepas dari Akira. Lalu gimana ya kelanjutannya? Baca bukunya, aja! Hahah

       Gue baca cerita ini dari wattpad sampai akhirnya di-update di web khusus penulisnya. Nah, cerita versi di website-nya ini di-update mingguan jadi enggak terasa kalau ini beratus-ratus lembar. Sumpah, pas sekarang mau baca baru nyadar kalau novel ini panjang banget. Katanya versi cetaknya bahkan ada 700 halaman dengan font yang kecil, mungkin untuk memangkas biaya juga kali ya. Kekurangan menurut gue sih emang gaya cerita penulisnya ini terkesan bertele-tele dan banyak scene yang diulang-ulang tapi enggak nyambung. Terus menurut gue juga Dokter Frederick ini bukan dokter lagi di novel ini, bisa jadi Dewa malah. Bisa meneliti regenerasi sel, operasi bedah dalam, sampai proses persalinan dia yang urus sendiri (bersama asistennya tentu aja). Hebat banget sih ahaha tapi yaaa namanya juga sci-fi. Sebetulnya juga masih ada beberapa hal yang aneh menurut gue tapi enggak perlu buat deskripsiin lagi lah daripada nanti jadi spoiler haha.

       Kalau yang bikin gue suka sama novel ini yaaa karena ide ceritanya yang unik. Gue suka konsep negara After Earth walaupun ada beberapa hal yang bikin gue kayak 'too good to be true'. Selain itu, gue suka konflik antara Asia dan Akira yang selalu bikin geregetan. Oia, kenapa gue tulis genre-nya 'romance' dulu, bukan sci-fi? Karena emang lebih banyak bumbu romansanya dibanding penjelasan tentang After Earth-nya sendiri dan ini yang bikin banyak orang 'berspekulasi' kalau novel ini akan kayak Divergent yang fokus dengan dunia fantasinya. Wajar sih, judulnya aja The General's Wife jadi kalau fokus cerita ke Asia yang jadi isteri seorang Jenderal Akira, enggak salah menurut gue hehe.



DUNANT
Karya: VorellaVe
Genre: Romance


       Entah kenapa, gue suka banget cerita-cerita cowok yang bengis walaupun gue enggak mau sih ketemu orang kayak gini di dunia nyata hahaha.

       Jadi ceritanya seorang cewek yang bernama Erica kaget tiba-tiba jadi istri seorang laki-laki yang..... ajaib. Namanya Dunant. Dunant ini memiliki tampilan seperti foreigner pada umumnya namun postur tubuhnya lebih besar. Dia tidak bisa berbicara, kekanak-kanakan, kasar, dan bertingkah aneh. Sampai akhirnya kita akan tau kalau Dunant selama ini dibesarkan seperti hewan dan mesin pembunuh, bukan manusia. Hanya Erica yang bisa melembutkan hati Dunant, mengajarkan hal-hal sederhana agar lebih manusiawi.. Semakin mendekati akhir cerita, kita akan dijelaskan mengapa ada Dunant, kenapa Dunant bisa menikahi Erica, bagaimana Dunant melindungi Erica dari teror-teror yang terjadi, pokoknya semakin keren dan menegangkan. Enggak cuma romansa aja.

      Gue suka sama novel ini karena di sini gue bisa melihat perkembangan karakter yang sesungguhnya. Dari Dunant yang bener-bener 'polos' sampai akhirnya menjadi sosok yang manusiawi dan dicintai oleh Erica. Lalu gue suka cara si penulis yang bikin kita simpati sama kedua tokoh (Erica dan Dunant) tanpa dipaksakan dan digurui. Plot-nya juga enggak bertele-tele, semua bagian yang dijelaskan di sini bikin kita kepo dan melanjutkan baca sampai habis. Gue juga terharu banget pas Dunant bisa mendapatkan kebahagiaan yang emang harusnya bisa dia dapatkan. Omaigat, sesuka itu gue sama novel ini. Walaupun minus-nya novel ini banyak memakai kata tidak baku dan disingkat-singkat, tapi wajar lah. Namanya juga wattpad, kita yang bikin cerita sendiri, ngetik sendiri, jadi editor sendiri, wajar banget lah kalau ada kesalahan penulisan.



Poor Love
Karya: Amy F
Genre: Romance

POOR LOVE - amifathu - Wattpad

       Jangan bosen yak kalau gue cerita tentang novel pernikahan hahaha. Soalnya kisahnya unik-unik banget, enggak cuma nikah sama CEO atau orang kaya dan berhati dingin wkwkwkw

     Poor love.. sesuai judulnya ini cerita tentang cinta yang sederhana. Yaitu tentang Fara yang hidupnya jauh dari kata agamis namun mencintai seseorang yang sholeh banget. Namanya Rama. Rama ini seorang dosen di kampus islam dimana rektornya itu adalah ayahnya Fara. Fara tidak sengaja bertemu Rama di kampus, sampai akhirnya dia minta dikenalkan dengan Rama. Ternyata kedua orangtua mereka sangat mendukung hubungan mereka bahkan meminta Rama untuk menikahi Fara. Rama memang setuju namun sayangnya itu hanya lah kebohongan semata. Rama selalu merasa Fara itu tidak 'sepadan' dengan dirinya yang agamis. Fara terkesan berandalan, tidak memakai hijab, pokoknya enggak cocok kalau dibilang anak dari ustadzah terkenal dan seorang rektor kampus islam. Fara selalu berupaya untuk mendapatkan hati Rama tapi Rama selalu menjauh. Walaupun begitu, Rama selalu mau untuk membimbing Fara menjadi muslimah yang lebih baik. Kemudian diakhiri dengan... happy ending lah jelas! Hahahah

       Spoiler tapi ya wajar dong. Novel-novel begini tanpa gue bilang juga udah tau bakal happy ending. Nah, masalahnya novel ini relate banget sama gue! Bukan karena kisah cintanya sih, tapi karena proses Fara yang berusaha untuk menjemput hidayahnya itu. Gue juga selalu geregetan setiap Rama bilang kalau Fara tidak sepadan sama dia yang sholeh. Di atas langit masih ada langit, Bos! Hahahaah. Kalau ditanya kurangnya dari novel ini, menurut gue yaitu ketika pertama kali Fara ketemu Rama dan langsung minta dinikahin. Wkwkwkkw anjirrrr, gue sih bukannya apa-apa tapi tengsin enggak sih? Sisanya oke banget dan entah kenapa gue selalu ngerasa relate sama perasaan Fara. Terus juga ada beberapa petuah yang bikin gue berpikir 'ohh iya juga ya'.



Helenina
Karya: Cendarkna
Genre: Historical romance

HELENINA (SELESAI) - Lovita Cendana - Wattpad

         Ini salah satu harta karun yang gue temukan di wattpad. Ceritanya keren banget! Sumpah!

       Ceritanya berawal dari Laras yang sering mengalami lucid dream kalau dia menjadi seorang noni Belanda bernama Helenina. Helenina ini seorang noni Belanda yang juga merupakan keturunan pribumi, sialnya Helenina ini jatuh cinta dengan seorang pribumi; bangsawan Jawa bernama Ario. Laras semakin yakin kalau ini bukan cuma lucid dream, dia mulai merasa kalau dia merupakan reinkarnasi dari Helenina di masa lalu. Terlebih lagi dia bertemu dengan Raka yang ternyata juga mirip dengan Ario walaupun Raka di masa depan sangat dingin, tidak hangat seperti Ario. Nah masalahnya disini, kelanjutan kisahnya gue bingung buat ceritanya. Karena di wattpad udah banyak chapter yang dihapus. Gue udah beli bukunya sih tapi hilang enggak tau kemana karena banjir. Sedih deh.

       Baca novel ini berasa kayak lagi baca novelnya Pramoedya Ananta Noer yang kental banget nilai historisnya. Walaupun udah lama gue enggak baca Helenina tapi gue ingat apa yang bikin gue suka sama novel ini. Gue jadi tau gimana rasanya jadi pribumi yang selalu dianggap rendahan oleh Belanda, konflik masa lalu yang bikin gue sedih, juga sedikit-sedikit gue jadi tau bahasa Belanda hahaha. Penulisnya juga mahasiswa (mungkin sekarang udah lulus ya, tapi gue inget doski dulu sering curhat tentang masa kuliahnya) sastra Bahasa Indonesia jadi minimal typo dan kesalahan penulisan di sini. Cara berceritanya juga mirip-mirip novel Pak Pramoedya, kalau suka baca novel dengan genre sejenis pasti juga suka novel ini.



Black Pearl
Karya: precious_unicorn91
Genre: Romance

1] Black Pearl [AKAN DITERBITKAN] - precious_unicorn91 - Wattpad

       Sebagai anak 'busway' gue sangat relate sama novel ini hahaha. Ceritanya sederhana banget sih, tentang Revan seorang penjaga pintu bis Transjakarta yang tertarik sama penumpangnya. Namanya Demetra atau bisa juga dipanggil Demi. Demi ini galak, cuek, berpenampilan sederhana sehingga Revan selalu tertarik untuk memerhatikan Demi di bis. Agak-agak cringe ya tapi asik-asik aja kok. Masalah novel ini sama seperti sebelumnya, gue udah lama enggak baca novel ini, chapter di wattpad udah dihapus karena akan diterbitkan, dan gue udah lupa jalan ceritanya haha. Tapi gue ingat ini novel paling bikin gue mewek ketika dibaca. Novel ini masih satu serial novel keluarga Revan dan merupakan novel yang yang paling gue suka. Nanti kalau gue udah beli, gue update dah sinopsisnya wkwkwk

       Tapiiiii novel ini yang bikin gue terinspirasi untuk bikin novel gue yang Settle for Less. Ceritanya enggak mirip koook tapi kejadiannya juga sama, di bis. Kalau mau baca, cari sendiri yak. Enggak usah dibaca novel buatan gue! Hahahah



Oon in Action
Karya: Aniqotuz Zahro
Genre: Romance, Teenlit

Oon in Action by Aniqotuz Zahro

       Kalau mau baca novel yang enggak bikin mikir, novel ini seru buat diikuti. Tentang Oon yang jatuh cinta (monyet) sama Melvin, guru yang juga teman masa kecilnya. Oon ini agak-agak sableng dan sering bertingkah ajaib di depan Melvin sampai Melvinnya jengah sendiri. Meskipun bernama 'Oon' tapi kenyataannya dia sangat pintar di kelas bahkan selalu menjadi sumber contekan ulangan untuk kelasnya. Seiring berjalannya waktu, Oon mulai menyadari kalau yang dia rasakan ini cuma cinta monyet (obsesi ya gue bilang) dan mulai menyerah untuk mengejar Melvin. Lalu begitu deeeh hahaha.

        Karena ini teenlit jadi konfliknya enggak ribet, cuma sekitar sekolahan terus ketemu temen-temen kelasnya Oon yang super geblek. Salah satu novel ringan favorit gue kalau lagi suntuk dan pengen baca tanpa mikir. Gue jadi kangen masa-masa sekolah setiap baca novel begini deh ahaha


-o00000000o-

       Akhirnya jadi juga deh postingan gue tentang novel-novel di Wattpad. Lama banget yak buat bikin postingan gini doang? Karena sekarang gue udah jarang main Wattpad, banyak fanfic-nya. Palingan gue buka kalau ada update-an library gue. Ada sih beberapa novel lain yang bagus tapi enggak gue masukkin ke sini karena ceritanya belum selesai, kayak Wanting My Brother. Gue suka banget sama karakter ceweknya yang bitchy, jarang-jarang kan baca cerita dengan karakter bitchy sebagai main character?

"Bakalan ada postingan bagian ketiga gak?"

       Waduh, jujur aja ya gue udah jarang banget buka wattpad. Sekarang gue lagi fokus sama manga dan anime hahaha. Haduuuh.. jadi wibu gue. Tapi gue enggak bakal update tentang anime-anime gitu sih soalnya gue bukan penggemar anime yang 'religious follower' gitu lho. Oiya, kalau kalian juga punya saran novel di wattpad yang oke buat diikuti, komentar aja! Siapa tau gue dan pembaca lain juga tertarik buat baca rekomendasi kalian. Gue itu selalu baca kolom komentar kok walaupun balasnya bisa beberapa tahun lagi ahahaha.

You May Also Like

0 comments

//]]>