Review Album : coldrain - Vena II (2016)

by - 10:22 PM

Sebelum kita mulai, gue punya pertanyaan dalam pikiran gue...

WHY AM I SO FCKING EXCITED TO WRITE THIS POST????? HAHAHAHAHAH

Hai. Salam bulan Oktober! Anggap aja postingan sebelum ini bukan postingan bulan Oktober karena sepatutnya postingan itu gue posting bulan September tapi karena faktor M (baca: Males) akhirnya gue anggurin sampai beberapa minggu setelah gue posting Album Terbaru Simple Plan (tinggal klik aja kalau mau baca).

Jadi ceritanya gue lagi jalan-jalan di YouTube Channel nya Hopeless Records , terus gue nemu video yang menurut gue menarik. Ternyata setelah gue klik, isinya band Jepang yang (lumayan lama) direkrut sama Hopeless, COLDRAIN dengan lagunya yang berjudul Wrong.

Sebetulnya cara nulisnya "coldrain" yang hurufnya kecil semua tapi jujur agak ngerepotin gue yang bermata minus ini buat baca dan edit postingan ini karena huruf kecil semua. Jadi mungkin gue nanti tulisnya Coldrain ya. Please jangan timpuk aku :(

Another fact from me, gue itu enggak terlalu suka band hardcore/post-hardcore kecuali A Day to Remember atau Sleeping With Sirens. Kenapa kedua band itu pengecualian? Karena vokalisnya bisa nyanyi hahhaha. Sesimple itu. Kalau suara vokalisnya enak, mau band punk atau pop atau metalcore sekalipun gue bakalan suka. Yang penting vokalisnya bisa nyanyi.

Termasuk band ini. Vokalisnya, Masato memang terlahir sebagai penyanyi. Dan kebetulan dia orang Jepang yang lancar Bahasa Inggris. Gue juga sebetulnya agak malas dengar lagu-lagu dari Bahasa yang enggak gue ngerti dan untungnya album Coldrain ini isinya full Bahasa Inggris...

VENA (2015)

Isi track di sini ada 11 lagu yang berisi:
  1. Vena
  2. Wrong
  3. Divine
  4. Gone
  5. Words of the Youth
  6. The Story
  7. Whole
  8. Runaway (feat. Jacoby Shaddix)
  9. Pretty Little Liar
  10. Heart of the Young
  11. Fire in the Sky
Genre albumnya post hardcore, hardcore, alternative rock. Label rilisnya ada dua; Hopeless Records untuk worldwide sedangkan VAP label di Jepang.

Entah bagaimana ceritanya, Coldrain merilis lagi 'versi deluxe' nya (menurut gue). Karena album selanjutnya masih berisi track yang sama namun ditambah beberapa lagu. Judulnya Vena Chapter II atau versi gampangnya,

VENA II (2016)

Isi lagu dari album ini:
  1. Vena
  2. Wrong
  3. Divine
  4. Gone
  5. Words of the Youth
  6. The Story
  7. Whole
  8. Runaway (feat. Jacoby Shaddix)
  9. Pretty Little Liar
  10. Heart of the Young
  11. Fire in the Sky
  12. Born to Bleed
  13. Undertow
  14. Gone (Acoustic)
  15. The Story (Acoustic)
Dari jenis genre, jadi agak berubah karena tambahan beberapa lagu ini. Lebih ke alternative rock sih. Nggak terlalu banyak screaming nya yang padahal gue malah suka banget. Si Masato tuh kalau nye-krim langsung bikin gue kangen gitu (apa ini).

coldrain at AltPress Awards

Katanya semua lagu di album ini buatan Masato tapi melodinya dibantu sama temen-temennya. Mungkin karena Masato paling lancar Bahasa Inggris kali ya. Udah gitu, setiap gue tonton interview-nya, emang si Masato yang jawab terus.

Untuk melodi lagu, terkadang mengingatkan gue rock-rock Jepang gitu. Enggak salah sih. Keren juga kok. Gue suka-suka aja karena mereka masih pake bahasa yang gue ngerti hahaha. Kesannya kayak mereka enggak cinta negara mereka yak. Tapi mungkin itu jalan mereka buat go international kali, gue juga kurang ngerti.

Seperti review sebelumnya di Album Simple Plan, gue bakal ceritain semua isi lagunya kecuali yang akustik yak karena enggak ada bedanya (JELAS), cuma beda dia versi akustik aja gitu kan.

Vena
Ini ibaratnya kayak intro dari album ini. Isinya cuma beberapa detik, enggak sampai satu menit. Full screaming tapi gitarnya keren banget. Liriknya sih tentang orang yang kayak sekarat gitu kali ya, terasa seperti dicekik dan tenggelam dalam darah. Meskipun dia udah lama bikin lagu-lagu (mungkin lagu di album ini kali ya) dia tetep ngerasa kebingungan.


Wrong
Pas banget dari intro langsung ke lagu ini. Drum nya di awal oke banget. Malah gue pertama kali suka sama album ini kan dari lagu ini. Udah lama loh gue nyimpen screenshoot lagu ini dan tinggal download tapi males hahaha.

Isi lagunya kayak nyalahin orang gitu. Jadi kayak ada dua pertemuan, si A dan B, Terus si A nawarin sesuatu biar si B bener lah. Eh ternyata si A itu salah, si B tetep aja menderita dan enggak membaik. Si A ninggalin B gitu aja dan akhirnya nyanyi deh, And you're still wrong..




Divine
Lagunya masih nye-krim nih. Isi lagunya keren sih. Tapi agak-agak hopeless gitu. Jadi kayak orang yang nanya ke lo "apa sih arti hidup lo? di saat semua udah hilang dan gak ada yang bisa diharapkan?"

Gone
Ini lagu galau yang enggak bikin galau sama sekali hahaha. Isinya kayak nyumpahin mantan gitu. Yaa kayak kenapa lo tega banget buang gue padahal gue udah kasih semuanya? Menurut gue yak si Masato kalau bikin lagu cinta-cintaan tuh agak enggak cocok deh yaa kapan sih gue pernah bikin dia galau? (hah?-_-)




Words of the Youth

Gue suka banget lagu ini. Kayak ada bisik-bisik gitu dan gue sukaa aja pokoknya hahah. Screaming-nya juga mantep banget. Liriknya sih kayak kita tuh tak terkalahkan lah. Mau ada musuh sebanyak apa, sejago apa, kita enggak bakal jadi pecundang yang langsung mengalah gitu aja.

The Story
Isinya mirip-mirip Words of the Youth tapi ini versi alternative rocknya kali ya. Enggak ada screaming sama sekali. Bedanya di sini orang ini udah dibikin buta, dibikin nggak bisa apa-apa, sampai akhirnya ketemu sama iblis (lebih tepatnya kayak orang yang mau jatuhin lo) yang mau nyalahin lo sampai mampus tapi si orang ini tetep enggak mau kalah. Karena dia punya buktinya (The Story).



Whole
Kayaknya Coldrain mau bikin slow down for a little bit pas dengerin albumnya. Dari The Story sampai ke sini enggak ada screaming sama sekali. Bedanya di lagu ini lebih ke pop 'dikit'. Enggak banyak-banyak amat. Dan nada-nada lagunya sedikit mengingatkan gue sama lagu-lagu anime gitu hahaha. Liriknya mah kayak habis putus gitu, ceritanya kayak 'padahal lo bikin gue sempurna (Whole) tapi kenapa lo putusin gue?' Intinya mah itu.

Runaway (feat. Jacoby Shaddix)
Disindang lo bakalan dibawa berisik lagi. Lagu nya masih mantap dan ada featuring vokalisnya Papa Roach yang cocok buat jadi temen duetnya si Masato. Lirik lagunya tentang seorang pengkhianat gitu. Udah dipercaya tapi malah dikhianatin gitu aja. Jadi mending lo enyah aja lah. Mampus kalo bisa.

Pretty Little Liar
Ini lagunya sedikit punk nih. Tapi tetep ada screaming-nya. Liriknya tentang seseorang yaa sebutlah dia, si mantan. Mukanya sih sok-sok innocent, bilang cinta, sayang, ini, itu, pas diturutin langsung pergi. Yah ternyata semua kata-kata manisnya itu bohong.

Heart of the Young
Lagu favorit banget! Hahaha! Bassnya mantep banget ya ampun, sekali lagi gue tegaskan kalau gue suka suara bass (penting banget apa ya-_-). Lagunya juga baguus. Jadi kayaknya si Masato (gue anggep dia aja lah biar gampang) ini selalu keinget masa kecilnya yang menyenangkan dan indah. Eh tiba-tiba dia inget orang dewasa dulu tuh ngomong kalau impian itu tuh 'enggak berguna'. Gue nangkepnya jangan-jangan si Masato pernah gak diizinin bikin band. Entahlah. Intinya sekarang dia mau pake semangat masa kecilnya untuk menggapai mimpi, dipakai sekarang biar bisa menghadapi hari.

Fire in the Sky
Ini lagu berisik lagi. Sedikit ala-ala rock Jepang gitu tapi gue lumayan suka refrain di tengah lagu. Lagunya juga tentang seseorang yang agak takut buat melangkah lebih tinggi (maksudnya punya mimpi kelewat tinggi kali ya). Nah di lagu ini kayak mau bikin lo semangat lah buat menggapai mimpi itu.




Born to Bleed
Ini lagu alternative rock lagi nich. Enggak ada screaming-nya pula. Makanya pas gue nonton, agak-agak mengernyitkan kening. Aneh aja gitu haahah. Isi lagunya sih tentang pertanyaan, apa lo siap hidup cuma untuk mati? Apa semua orang punya kekuatan buat menghadapi kehidupan?  Apa lo siap hidup hanya untuk merasakan sakit? Jawabannya, isi sendiri.



Undertow 
Sebetulnya ya di antara tambahan lagu baru, gue lebih suka ini dibanding Born to Bleed. Suaranya Masato agak-agak serak gimana gitu dan akuh suka hahaha. Ini lagunya enggak terlalu berisik meskipun ada screaming nya dikit-dikit, sejenis dengan yang sebelumnya. Liriknya sih kayak orang kesurupan gitu-_- serius nih, apa gue salah tangkep ya-_- jadi ini orang kayak mati-matian mengambil alih kehidupannya, jiwanya, meskipun disakiti berkali-kali.


---o0o---

Dari kedua album sih enggak ada bedanya. Gue suka dua-duanya kok. Tapi karena Vena II lebih lengkap, ya jelas gue lebih suka Vena II. Tapi kalau dari cover album, gue lebih suka yang VENA HAHAHAHHA. Maklum ya naluri cewek dan gue suka aja liatnya wkwkkwkwk

Kan itu badannya Masato ya yang jadi cover, nah aslinya sih tato garis-garis di lehernya itu tulisan VENA yang dipisah-pisah. Makanya leher sampai pundak dia jadi album cover buat mewakili lambang Vena itu sendiri. Gituu.
Sedikit mau curhat nih.. Bukan. Bukan tentang Masato lagi kok tapi pendapat personal aja. Gue sih sebetulnya lebih suka si Coldrain ini join sama label record kayak Rise Records atau Fearless. Bukan karena si Hopeless gagal bawa Coldrain, enggak kok. Sama sekali enggak. Lah gue aja tau Coldrain dari Hopeless kok dan gue berterimakasih untuk itu.

Tapi di kedua label yang gue sebut itu sarangnya band-band post hardcorehardcore dan sejenisnya. Terus setau gue yang bernaung sama Hopeless itu biasanya band-band alternative atau pop punk. Contoh aja kayak All Time Low, We are the in Crowd, With Confidence, dsb. Agak salah kamar sih. Yaaa mungkin karena Hopeless 'gercep' banget pas liat ada band sebagus Coldrain (which is di Jepang mereka ini udah terkenal banget) dan melihat potensi bagus dari mereka, ya wis kita ambil lah. Mungkin gitu.




Untuk lagu terbaik, gue memutuskan: Wrong, Heart of the Young, Words of the Youth, dan The Story jadi the best so far di album ini. Kalau udah dengerin yang gue sebut barusan, langsung cus deh dengerin yang lain. Insya Allah enggak nyesel.

Semenjak gue kenal album ini, gue merasa munafik kalau gue bilang enggak suka Coldrain. Karena nyatanya gue suka banget! Hahahah. Semoga kapan-kapan mereka ke Indo deh. Pengen banget gue nonton Masato dari deket! WKWKWKKW

You May Also Like

4 comments

  1. Kalo ane pribadi sih kalo musik keras macem hardcore bukan yang nyanyinya enak, tapi yang screamo-nya enak, SWS buat ane malah bikin ketawa, secara suara si kellin lebih kayak suara cewek wkwkwkwk

    btw baru aja nonton yang "wrong" tadi, eh mbak, nganu ... itu meme yaomingnya missused (cuma ngasih tau, tolong jangan cekek saya :'( )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa tapi si kellin nyanyi biasa tuh enaaak meskipun suaranya rada2 gitu. Nah kan gue sebetulnya bukan pecinta hardcore posthardcore ya jadi agak milih2 lagunya

      Wah iya tah? Padahal nyari gambar di google cuma 'laugh' doang keluar dia wkwkwk ok ntar gue ganti

      Delete
  2. wihhh mantap review nyaaa. akhirnya ada yang ngerevie album coldrain. coba dengerin album The Revelation deh. itu album terbaiknya sih menurut gua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bro, gue pengen download sih cuma nunggu mood dulu haha

      Delete

Jangan malu-malu kalau mau comment. Feel free to share thoughts!
Kecuali buat para iklan-iklan enggak jelas, you're not welcome here.