Novel-novel Bagus di Wattpad? Emang ada? #1

by - 12:06 AM

Judulnya memancing keributan banget ya? Hahaha
Soalnya sering banget gue kalau lagi jalan-jalan di Goodreads itu ketemu sama komentar:

“Novel dari wattpad sih emang biasa kayak gini. Enggak sesuai ekspektasi.”

“Tiga setengah juta dari wattpad yang digadang-gadangkan ternyata tidak menjamin isi kualitas novelnya.”

       Daaaannn berbagai macam komentar sejenis. Gue pribadi sih kalau mau cari novel berbobot dan jelas bagus yaa enggak akan nyari di wattpad. Biasanya baca review orang lain di Goodreads (you know lah kritikus di sana komentarnya pedas banget kayak boncabe, typo satu kata aja bisa jadi komentar). Makanya di wattpad itu cuma selingan aja. Nyari aja iseng-iseng, siapa tau ketemu novel bagus. Meskipun memang enggak semuanya bagus sih (termasuk novel buatan gue hehe).



       Awalnya kenapa gue bikin blog ya karena dari hobi gue yang suka baca. Kadang kalau buka blog, gue sekalian blogwalking ke blog-blog lain. Terus baca postingan-postingan mereka (walaupun gue enggak follow juga). Jadi cari bahan bacaan itu udah kayak rutinitas wajib, termasuk cari novel gini. Pasti ada lah sehari-dua hari gue pantengin Wattpad, Goodreads, atau PlayBook terus-terusan. Lalu dapat deh, stok bacaan buat seminggu ke depan haha.

       Maka dari itu lah, gue buat daftar (yaa enggak bisa disebut daftar juga sih) apa aja novel-novel bagus ‘menurut gue’ yang gue temukan di wattpad. Lagipula postingan gue isinya musik terus kan, sekali-kali random dikit tentang my side hobby ini huehehehehe

       Oh iya. Karena banyaaaakkk banget novel-novel bagus (menurut gue) di wattpad, gue bakalan bikin bagian perbagian. Khusus bagian satu ini, hampir semua novel bisa dicari bentuk fisik atau ebook-nya. Jadi bagi siapapun yang mungkin tertarik untuk baca, enggak perlu punya aplikasi wattpad dan kalau udah jadi postingan #2, pasti gue pasti bikin link-nya kuq di bawah. Tenang ae.


RESIGN!
Karya : Almira Bastari
Genre : Metropop, Romance



       Kenapa ini novel gue letakkan di urutan pertama? Karena cuma novel ini yang gue rela beli softcopy dan hardcopy-nya wkwkwk. Sumpah, gue suka bangeeeeettt!! Isinya curcol abis sih. Menurut gue, ini novel metropop yang enggak akan terlihat seperti metropop. Soalnya nyata banget di kehidupan gue.

       Inti ceritanya tentang persaingan resign antara karyawan kantor konsultan, yaitu: Alranita, Carlo, Karen, dan Andre. Mereka berempat memang punya alasan masing-masing ingin resign sampai akhirnya tercetus lah ide untuk bertaruh ‘siapa yang lebih dahulu resign’. Sayangnya bos mereka ini—Tigran—punya radar kuat banget. Setiap usaha mereka ini selalu ditahan ditambah pula bosnya ini nyebelinnya ampun-ampunan deh. Lalu siapakah yang akan terlebih dahulu resign?

       Mereka alias The Cungpret (Kacung Kampret) ini kocak abis. Enggak bisa berhenti ngakak kalau baca ini. Dari proses interview di tempat lain yang selalu digagalin sama Tigran, atau gosipin anak baru kalau jam istirahat, dan lain sebagainya.

       Sayangnya kisah romance di sini tuh agak maksa gitu. Kayak mau buru-buru selesai. Pas gue baca juga kayak ‘hah? Serius lo, Ra? Semudah itu lo cinta sama dia?’. Hmmm iya juga sih ya di sini Tigran dibilang ganteng banget banget banget, tapi gue sih enggak akan semudah itu untuk jatuh cinta sama bos sendiri apalagi yang udah sering nyiksa. Kayak disuruh lembur mendadak sampai tengah malam, atau dimaki-maki hasil kerjaan hanya karena cemburu buta. Gue sih ogah bangetttt. Untungnya novel ini sesuai dengan judulnya; Resign! jadi yaa yang paling terasa itu feel buat resign-nya, kisah romance-nya enggak terlalu gengges banget kok.




SECANGKIR KOPI DAN PENCAKAR LANGIT
Karya : Aqessa Aninda
Genre : Metropop, Romance



       Masih dalam ruang lingkup kantoran tapi lebih romance kali ya. Di sini bakalan terpusat banget sama 3 tokoh: Athaya, Ghilman, dan Satrya. Jadi awalnya Athaya ini menyimpan rasa lah sama Ghilman tapi dia sadar kalau Ghilman udah punya cewek (yang katanya Ghilman cinta banget) ditambah ada suatu kejadian yang bikin hubungan mereka jadi canggung. Makanya Athaya enggak mau dekat-dekat sama Ghilman lagi. Sampai suatu ketika datanglah anak baru, si Satrya, yang jadi golden ticket di kantor Thaya. Selain karena emang cakep, Satrya itu supel banget. Single lagi! Makanya semua orang suka sama dia. Dia juga terang-terangan deketin Athaya sampai akhirnya... gitu deh hehe

       Gue suka banget sama tokoh-tokoh di sini yang gampang banget dibayangin. Kayak Athaya yang jadi bidadari divisi IT, Satrya yang ganteng dan humble abis, atau Ghilman yang sebetulnya biasa-biasa aja walaupun akhirnya gue ngerti kenapa Thaya bisa naksir sama Ghilman (wkwkw). Bener deh, kalau ada cowok kayak Ghilman gue juga mau satu! Menurut gue, karakter Ghilman ini yang merubah definisi cowok ganteng itu seperti apa hahaha

       Ditambah, gue suka sama ‘geng fogging’ alias rekan-rekan kerjanya Athaya. Apalagi Radhi. Sumpah, enggak ngerti lagi jalan pikirnya, geblek abis itu orang hahaha. Selain itu bagian favorit gue ketika ayahnya Athaya jatuh sakit. Beneran, pas di bagian ini bikin gue merenung (dan nangis juga tentunya). Karena gue paling enggak kuat kalau baca cerita yang berhubungan sama keluarga, pasti nangis.

       Hmmm, kalau ditanya apa yang gue enggak suka dari novel ini sih pendeskripsian tokoh-tokoh lain yang kurang jelas. Sampai abis, enggak dijelasin Radhi kayak gimana. Atau Fajar. Yang paling jelas ya cuma 3 tokoh utama itu. Dan ada beberapa bagian yang bikin gue mikir karena perpindahan sudut pandang ceritanya. Kadang di Athaya, kadang jadi penulisnya, kadang ke Satrya. Jadi gue harus baca berulang kali biar gue paham ‘gue lagi ngikutin siapa sih ini?’.

       Meskipun begitu, novel ini layak buat dibeli. Not bad lah kalau dibanding sama novel-novel anak SMA di Gramed ahaha




TO TAME A KING
Karya : Carmen LaBohemian
Genre : Fantasy, Romance


       Dari sekian banyak novel Carmen, gue paling suka sama ini. Dulu kan penulisnya—Carmen—ini sempat hiatus dan selama itu gue baca semua novel-novel buatan dia. Dan emang menurut gue To Tame A King ini yang paling ‘beda’.

       Yang gue suka dari Carmen adalah gaya penulisan yang ngalir banget. Sepintas, gue berasa kayak baca novel terjemahan. Meskipun yaa emang sih Carmen ini penulis novel-novel dewasa makanya kenapa gue suka To Tame A King ini karena adegan dewasanya lebih diminimalisir jadi lebih fokus perang antara Melanie dan Thaher.

       Ceritanya tentang Melanie yang diselamatkan seseorang (Thaher) waktu tersasar di badai gurun. Dia baru tau kalau Thaher adalah seorang calon raja Medjhania (atau raja ya? Gue lupa-lupa ingat) yang sudah seharusnya menikah. Akhirnya Thaher memilih Melanie sebagai istrinya dan mulai tuh banyak konflik di antara mereka. Tapi pernikahan mereka yang seharusnya sementara itu menjadi bom waktu buat mereka berdua. Kenapa? Bisa dibaca sendiri wkwkw

       Jujur emang keliatannya sederhana banget kisahnya. Tapi gue suka sama karakter Melanie yang kuat. Udah gitu Thaher juga sama kerasnya. Paket komplit deh, perang terus mereka berdua. Selain itu yang gue suka dari Carmen adalah konsistensi para karakternya. Kalau dia kasar ya mulutnya emang kasar. Kalau emang egois ya sampai habis pun orang itu egois. Jadi gue suka banget sama setiap karakter yang diciptakan sama Carmen. Dan menurut gue To Tame A King ini yang paling bagus ceritanya.

       Btw, rating di Goodreads nya aja paling tinggi di antara semua novel Carmen lho.

       Untuk ebook, belum ada di Google Play Book. Nanti kalau ada pasti gue selipin di sini link-nya. Jadi sementara ini baru bisa beli online versi cetaknya.



BILA : PADA AKHIRNYA AKU MEMILIHMU
Karya : Laini Laitu
Genre : Romance


  Diawali dari Nabila atau Bila yang melihat sahabat (yang juga orang yang dicintainya) menikah dengan perempuan lain. Padahal Bila merasa dia yang pantas menjadi pendamping Fadli, sahabatnya itu. Bila akrab dengan Fadli dari dulu, bahkan Bila tau segala hal tentang Fadli. Tapi kenapa Fadli justru memilih wanita yang baru dikenalnya selama sebulan?
       Lalu Bila yang enggak bisa move on ini dinikahkan dengan sepupunya, Daffa, karena mereka berdua sudah waktunya untuk menikah. Daffa ini orangnya cuek dan irit ngomong banget. Sangat kontras sama Bila yang manja dan bawel. Gue sih suka pas liat mereka debat, pasti Daffa yang menang dengan logikanya. Kadang gue juga kesal sih sama sifat manjanya Bila tapi untungnya Daffa dewasa dan sabar banget. Dan menurut gue, ketika proses mereka saling mengenal itu manis banget. Karena Daffa ini kan cuek yah jadi sekalinya dia baik sama Bila malah gue yang deg-degan sendiri hahaha

  Mereka ini tokoh yang gampang banget buat dibayangin. Selain itu gue suka sama gaya cerita penulisnya yang jelas. Ada juga beberapa quote yang diselipkan di cerita ini. Pokoknya kalau dari segi cerita sih novel ini recommended banget. 

Cuma ada satu hal yang bikin gue risih yaitu nikah sama sepupu sendiri. Emang sih enggak diharamkan juga cuma ya agak gimana gitu. Kalau sama sepupu jauh sih it’s okay lah tapi ini sepupu dari keluarga ibu. Jadi agak aneh aja bacanya. Sisanya sih udah oke bingits.




GEHEIMNIS
Karya : Kiyura Kyurara
Genre : Romance, Misteri

karena novel yang gue punya udah hilang, jadi gue ambil dari tokopedia dah

  Sedikit agak horor juga sih ceritanya, meskipun kata author-nya ini romance-misteri. Jadi ceritanya ada seorang cewek yang bernama Ailee menikah dengan Mike, seorang pengusaha yang kaya raya. Mereka memang menikah karena keluarga Ailee yang menjualnya kepada Mike, yaa pernikahan tanpa cinta gitu. Awalnya Mike cuek dan dingin banget sama Ailee. Makanya Ailee berusaha untuk merebut hati suaminya. Nah, selama Ailee memerjuangkan cintanya, ada kejanggalan yang terjadi di mansion tempat tinggalnya.

Karena Mike ini super duper kaya bingits jadi mereka tinggalnya di mansion yang sangat luas. Anehnya Ailee dilarang oleh Mike untuk pergi ke sayap barat mansion mereka. Jadi mereka itu cuma bisa berkeliaran di sayap timur mansion. Mike juga tidak pernah memberi tau, kenapa Ailee dilarang pergi ke sana. Tetapi selama di mansion, Ailee selalu merasa diawasi dan diikuti. Terkadang kalau malam-malam dia sering mendengar jeritan kesakitan yang sangat keras. Sampai akhirnya...
       Gitu deh. Wkwkk.

       Jujur ceritanya sih emang menegangkan banget. Gue berasa ngos-ngosan setiap baca Ailee yang dikejar-kejar oleh suatu sosok. Selain itu novel ini tebal banget. Gue lupa lebih tepatnya berapa halaman, pokoknya tebal banget deh. Berasa baca Harry Potter. Tapi emang ceritanya seru kok. Enggak cuma menye-menye aja. Dan yang bikin gue kepo, kenapa Ailee dilarang masuk ke sayap barat mansion mereka? Ada makhluk apa sih di sana? Terus apa yang sedang disembunyikan Mike di mansionnya?

Kalau untuk versi e-book belum ada katanya (yep, gue sampai tanya penulisnya). Padahal gue pengen banget baca lagi ini novel. Udah gitu novel fisiknya udah dipindahin sama bokap gue, entah kemana. Makanya kadang gue malas kalau beli novel versi cetak soalnya gitu, bokap gue suka bongkar-bongkar lemari buku gue.

*****

Yep, baru lima novel yang gue pajang di sini. Sisanya entar dulu lah, nunggu mood-nya ada wkwk. Mungkin habis ini gue masukkin novel-novel bagus yang ‘emang hanya ada’ di wattpad. Jadi kalau mau baca, harus punya aplikasinya dulu. Untuk link postingannya, entar gue update di sini.

*****

Sekian review singkat novel-novel paporit aing. Rata-rata romance ya? Yaa karena kisah romance itu paling universal di wattpad dan gue juga suka itu haha.

Oh iya, by the way gue lagi senang banget dengerin playlist di bawah. Jujur, enggak akan nyambung playlist ini kalau didengarkan sambil baca novel-novel di atas. Tapi seenggaknya lagu-lagu ini yang menyemangati bulan Maret-ku yang kelabu ini :’)


Sampai jumpa di postingan lain, ya!

You May Also Like

3 comments

  1. akhirnya ada juga postingan yang kayak gini, tapi sayang ... akhir-akhir ini jarang baca :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahhhhh hahahhahhaha ini juga belom tentu kita satu selera san

      Delete
    2. iya sih, tapi nggak pa pa juga, itung-itung referensi genre lain gitu :3

      Delete

Jangan malu-malu kalau mau comment. Feel free to share thoughts!
Kecuali buat para iklan-iklan enggak jelas, you're not welcome here.