Being A Smart Fangirling

by - 10:35 AM

Mood gue lagi bagus banget kayaknya sampai bikin dua postingan berturutan. Tapi berhubung ini juga jadi request salah satu pembaca blog gue, boleh laah. Dan juga hampir rencana postingan di postingan ini (read: A New Year Is Not A Thing) rata-rata belum pada jadi, gue nyicil aja deh.

Fan-girling? Pasti pernah denger lah kata-kata ini. Terus kenapa ya? Apa bedanya sama fans biasa?


Secara harafiah (apa sih) fans artinya pengagum (sebetulnya ini cuma diterjemahkan ke Bahasa Indonesia). Nah, fangirling itu bisa dibilang satu tingkat di atas pengagum kali ya. Karena mereka lebih hardcore nge-fans nya. 


Menurut gue sih, mereka udah ngerasa 'loving him/her as a real person' sama artis atau siapapun itu. Entah karena fisiknya, kelebihan dalam profesinya, atau sifatnya, tapi rata-rata sih yang gue temuin itu karena fisiknya. Hmmm nggak salah sih. Gue juga gitu kok.

Gue nge fans sama Jack Barakat karena fisiknya juga. Tapi di sisi lain gue suka doi karena kemampuan gitarnya dan ngelenongnya yang melebihi pemain OVJ. Gue juga pasang foto doi jadi wallpaper HP gue.

Masalah buat lo? :)
Nggak salah kok. Ini masih wajar menurut gue. Gue nge-fans sama Jack tapi bukannya sampe mendewakan dia juga. Sampe gue nge-ship dia sama siapa atau siapa. Itu sih bukan urusan gue. Yang penting Jack jangan pensiun dini dari All Time Low aja, kalo sampe kejadian (amit-amit!) baru gue samperin ke Baltimore.

Temen-temen gue juga tau kalau gue demen sama cowo-cowo ganteng yaa tipe-tipe Jack atau Connor lah. Tapi mereka juga tau gue masih di tahap wajar dan waras.

Kalau yang rada-rada?

Hmmmmm..

Untungnya itu lilin gak ambruk

Zaman sekarang udah banyak bangeeeeettt fangirling. Anak SD aja udah mulai jadi fangirling sejak Koboy junior dan GGS (Ganteng Ganteng Setan) merajalela. Disitu saya hanya bisa mengelus dada sedih.

Sebetulnya enggak masalah sih kalau nge-fans doang. Emang nya kita nggak boleh punya idola? Atau trendsetter? Tapi yang repot itu kalau jadi fans yang enggak bisa bedain mana salah mana benar. Jadi kayak belain artisnya mati-matian. Mau itu artis salah atau benar. Entah kenapa gue agak....aneh aja.

Gue bukannya mau jadi sok bener sih tapi kalau gue ya nge-fans itu berarti enggak perlu dong sampai mengganggu artisnya? Nggak sampe ngata-ngatain pasangan artisnya (kalau artis itu udah punya pacar atau istri/suami) kan?

Nggak perlu di googling lah haha

Terkadang gue mikir juga sih kan itu urusan artisnya ya jadi bodo amat. Lah artisnya aja biasa-biasa aja. Tapi terkadang agak gedeg juga di beberapa saat.

Kayak pas tahun kemarin gue nonton konser Before You Exit (http://www.blognyarana.com/2015/12/monkey-lada-fest-before-you-exit.html) gue sih nge-fans juga sama Connor tapi bukan berarti gue teriak-teriak sepanjang konser dong-_- Gue juga kadang teriak tapi ya di saat-saat tertentu aja. Alhasil karena terlalu banyak yang teriak, gue enggak terlalu denger Connor dan Toby ngomong apa. Karena suara mereka unyu bangeet, nggak terlalu keras.

Terus juga pas konser All Time Low tahun 2013 kemaren (http://www.blognyarana.com/2013/11/konser-all-time-low-rocket-to-moon-23.html) gue sempet baca curhatan siapa gitu, entah di blog atau kaskus. Yang jelas dia ngomong gini:
Tapi konsernya kemaren berisik banget. Biasa itu yang fangirling an teriak-teriak Alex Jack mulu -__-
Iya anjir lah berisik banget
Dan disitu gue merasa agak tersindir. Emang sih waktu itu gue agak labil jadi lumayan sering teriak-teriak. Tapi ada batas capeknya juga gue, makanya nggak sepanjang konser gue teriak.

Dan gue juga baru baca di Line Today tentang ke-anarkis-an fans di Korea. Ternyata lebih brutal dan mantap ya fans-fans di sana. Sampe-sampe mereka bakal ngelakuin apa aja biar diingat sama idolanya. Gue lupa sih link-nya dimana tapi yaa mungkin bisa cari-cari di Google juga.

Setelah gue bersemedi bertahun-tahun (yap, ide postingan ini udah bertahun-tahun) gue berkesimpulan kalau menurut gue 'fangirling' yang baik adalah:

  • Mendukung karya idolanya (beli CD original, merch original)
  • Ikut fanbase nya (kalau bisa yang official)
  • Nggak ikut campur dalam urusan asmara dan pribadinya
  • Nggak norak-norak banget kalau ketemu idolanya


Udah sih itu aja.

Gue akuin gue juga belum bisa melakukan semua hal yang gue list di atas. Tapi sedang menuju ke sana. Semoga aja ya gue bisa kayak gitu. Hehehe

Makasih udah baca postingan gue. Biar kalian jadi fans enggak norak-norak banget lah.

You May Also Like

2 comments

  1. waaaks ganteng ganteng setan :v ha ha ha

    tapi iya juga sih, emang kebanyakan di indo pas nonton konser kalo nggak eeee-aaaaa pasti jerit-jerit gaje, temen ane yang doyan boyben korengan ama drama korengan kadang suka gitu,malah ampe war-waran di grup fb. Ngelus dada dah ngeliatnya, dada ane sendiri ya bukan dada cewek orang PFFFT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaah kan kata2 terakhir mah cuma harapan doang kali wkwkkw
      Emang, jangan kan elo yg cowo gue aja yg cewe sedi sedi gitu, gue jg ikut teriak kok tapi yaa ga setiap saat juga

      Delete

Jangan malu-malu kalau mau comment. Feel free to share thoughts!
Kecuali buat para iklan-iklan enggak jelas, you're not welcome here.