MUSIXMATCH, Music Player yang Multifungsi

by - 9:21 PM

Gile bener gak sih judulnya? Wkwkw Mumpung akhir-akhir ini gue lagi punya banyak waktu luang, gue mau review one of the other thing I like. Hihihiii

Jangan takut. Gue bukan setan meskipun gue cekikikan. Nah, ceritanya gue lagi bete banget karena leptop gue rusak lagi. Yap! Rusak lagi. Udah dibenerin berkali-kali tapi emang dasar tangan gue tangan perusak kali ya, jadi barang-barang gak bisa yang namanya awet. Jadi rusak lagi. Dan lagi. Dan lagi. Begitu terus sampe sapi bisa kayang.

Alhasil, gue kepikiran sama salah satu aplikasi terbaik di hape gue, yaitu…

MUSIXMATCH!!


Ini aplikasi wajib banget bagi lu lu pada yang seneng musik. Di sini kita gak cuma disuguhin sebuah pemutar musik biasa. Di sini lu bisa dengerin lagu pake lirik, identifikasi lagu asing (yang enggak lu tau judulnya), sinkronisasi lirik lagu, de el el, de es be, de es te..


Pas baru masuk, lu bisa sign in dulu pake akun Google atau daftar di Musixmatch langsung. Gue sih lebih pilih pake akun Google biar enggak pusing mikirin banyak akun huehehe

Salah satu bagian favorit gue nich, di bagian Home, bakalan banyaaaaak banget lagu yang nongol. Jadi ini kayak peringkat gitu di Musixmatch. Enggak Cuma lagu Barat, lagu dalem negeri pun juga ada!

Dipilih dipilih artisnya yang mana

Ceritanya gue lagi nyoba pengen tau lagu Taylor Swift – Wildest Dream atau Isyana Sarasvati - Tetap Dalam Jiwa kayak gimana dan kebetulan ada nich di Home. That’s why gue masuk dan pilih Listen Preview. Atau kalau kuota lo banyak langsung pilih tonton video Youtube ajah. Berguna banget bagi gue atau bagi siapapun yang kudet lagu deh!

Menurut gue, lagu ini lebih baik dari Bad Blood tapi enggak seenak Blank Space


Lagunya enak tapi suaranya agak gimana gitu. Yang jelas cakepan doi daripada Raiso

Ketika lu setel lagu, ini lah tampilannya..

Tampilan di Musik Saya

Kalau di klik tiga titik di pojok kanan bawah, keluar ini.

Nah yang paling gue suka pas Sinkronisasi Lirik. Edit Lirik juga sih tapi malesnya sekarang harus di vote vote gitu sampe full baru liriknya keubah. Kan males banget ya kelamaan nunggu. Tapi kalau lo mau berbaik hati buat gantiin lirik yaa tak masalah..
Ini sinkronisasi lirik lagu barunya Before You Exit loh! (promosi)

Yang paliiiiing gue suka lagi, kalau misalnya lo lagi males banget buka Musixmatch (gue sih malesnya karena foto album lagunya jadi ke tengah gitu, kayak kepotong) dan buka Music Player biasa, bisa tuh pake lirik juga. Namanya Floating Lyrics. Enaknya, Floating Lyrics itu enggak cuma nongol di Music Player kita ajah, bisa juga di YouTube, Soundcloud, dan lain sebagainya (lupa)


Ini gue pake Floating Lyrics buat YouTube. Kalau buat di YouTube atau lain sebagainya, harus diidentifikasi sama Musixmatch nya dulu. Jadi lu kekep tuh speaker hape lu biar dia bisa rekam dan liriknya jalan sesuai urutan menit lagu. Keren yak hahaha (anak norak tingkat mahadewa)

Selain itu, fitur yang gue paling gue cinta seantero anak manusia ini adalah: MUSICID. Misal ketika lo lagi di dalam angkot gitu, atau di tipi, atau di restoran yang speaker-nya kenceng, tiba-tiba lu denger lagu enak dan jadi penasaran itu judulnya apaan. Karena lo malas buat menghafal liriknya, lu nyalain ini fitur dan secara otomatis keluarlah lagu apa yang sedang diputar! Warbiyasak!

Memudahkan banget buat gue yang totally freak kalau ada lagu enak.

Voila! Ini kalau si MusicID udah ketemu lagunya!

Tapi syarat utamanya, kondisi hape lo harus bener-bener deket sama sumber lagu. Jadi kalaupun lagunya kencang tapi speaker nya jauh juga tetep gak bisa diidentifikasi. Rempong yak kayak ibu-ibu arisan.

Di Musixmatch ini sebaiknya lo sign in dulu biar bisa menikmati semua fitur tanpa gangguan. Dan juga, di Musixmatch ada komunitasnya! Jadi setiap lo identify lagu atau sinkronisasi lagu bakalan kecatet di history dan dapet poin pulak. Sebetulnya sih gue enggak ngerti itu poin buat apa yaa, mungkin buat seru-seruan aja kali yak.

Ketauan dah gue selama ini nge-stalk lagu apaan aja

Dari semua sisi positif aplikasi ini, hal yang gue benci dari aplikasi ini adalah…. Penghabisan memori! Makan RAM banyak banget! Paling malay aing kalau buka ini aplikasi. Makanya gue masih setia sama Music Player bawaan aja deh. Cuman yak Identify Lyric nya dijadiin shortcut Homescreen :p

Oh iya iya! Ada satu lagi kelemahan Musixmatch di hape gue.. Enggak tau apa cuman di hape gue atau yang lain. Tapi gue juga nyoba di Tab babeh gue dan hasilnya sama. Yaitu.... ENGGAK BISA PAKE FITUR SING!

Fitur Sing itu dipake dikala lu lagi nyetel lagu dan pengen karaoke gitu. Ada kok, berderet di tiga titik bersama dengan Sinkronisasi Lirik, Edit Lirik, dsb. Padahal zaman dahulu kala pas hape gue masih Samsung Galaxy Mini, bisa loh pake fitur Sing. Anehnya pas gue pake Tab babeh, pasti langsung stop sendiri Musixmatch nya. Gue udah komplen sih lewat komen Play Store tapi belom ada tanggapan. Pengen lewat e-mail tapi... Gue juga jarang pakai ini fitur. Jadi, ya sudah lah-_-

Kalau mau download ini aplikasi, bisa di Play Store buat Android OS atau App Store buat iOS. Cari aja sendiri yak, gue enggak sediain link karena……. MALEZZZZZZZZ HUAHAHAHA

Sekian dulu review dariku! Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya!!!

Note: Semua gambar murni dari hape Android gue dan gak di edit-edit. Tampilan di iOS?? Cariin dulu iPhone sini!

You May Also Like

15 comments

  1. Sayangnye aye nggak punye hape :'( di windows apps store ade nggak ye bwt windows 10?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah setau diriku enggak ada tuh, coba deh ke website resminya :/

      Delete
    2. Ada juga spotify klo buat win10. Bisa download di windows store gratiss

      Delete
  2. Keknya jaman dulu ga sebanyak itu yak fiturnya :'v pen donlot ga ada memory card :'v pengen duh :''3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap! Bener banget! Dulu mah cuman bisa lirik doang kan ya?? Tapi sekarang udah lebih berkembang gitu hahaha diriku saja kaget :3

      Delete
  3. Lirik Model nya ada yg salah harusnya 'spend it' bukan spinning dan harusnya 'I see' bukan 'I say' ahahahahahah auto fokus

    ReplyDelete
  4. Kenapa gak muncul icon Mic (Fitur Sing di Device saya?) saya pakai Note 8. Apa versi yang baru sudah dihilangkan fitur itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kayaknya sekarang udah banyak yang dihilangin deh fiturnya, termasuk yang lagu populer itu

      Delete
  5. Replies
    1. wah iya versi terbarunya musixmatch udah gak ada lagi fitur sing

      Delete
    2. terusterus versi berapa yang ada sing nya,lagi nyari nih tolong bantuannya

      Delete
    3. waduh kurang tau ya versi berapa soalnya udah lama bgt. udah gitu sering error jg :(

      Delete
  6. Haloo mau nanya Kali lagu nya pas diputer belum ada liriknya, gimana supaya liriknya muncul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin liriknya belom ada kali. Tandanya bikinin liriknya duluu. Copas aja dr google

      Delete

Jangan malu-malu kalau mau comment. Feel free to share thoughts!
Kecuali buat para iklan-iklan enggak jelas, you're not welcome here.