Tips Hemat Anak Kost

by - 5:57 AM

Hari ini baru tanggal 3 nih, tapi gue udah nyeleweng aja nge-post beginian. Yah justru kan semakin baik, dengan adanya postingan ini di awal bulan, anak kost yang membutuhkan bantuan untuk menghemat bisa lebih dini berwaspada dan akhirnya bisa bersenang-senang di akhir bulan 

Ini beberapa tips yang gue dan teman-teman sekawan pakai dalam menghemat special anak kost an edition:


  • Lebih sering berpuasa
Kenapa, mbak? Soalnya dengan sering berpuasa, perut nggak akan minta ini itu buat jajan. Ngelihat jajanan juga inget, oh iya saya puasa. Tapi kadang-kadang gue ngarep, gue lupa kalau gue puasa dan baru inget pas udah ketelan makanannya

  • Kalau mau beli makanan, jangan lupa lihat harga
Ini memang tips yang paling mudah diucapkan daripada dilakukan. Biasanya ketika pagi dan siang kita sudah berpuasa setengah hari, maka sore harinya pun perut meronta-ronta meminta makan. Dan inilah yang menjadi ajang pembalasan dendam bagi diri sendiri dengan menghantam makanan-makanan mahal kayak:

Tidak perlu diragukan, penampilan dan sepertinya harga nomor satu

Mungkin harga ayamnya tidak mahal, tetapi brokoli dan tomatnya yang perlu diperhitungkan

Maka, gue sering beli steak di tempat yang harganya sudah disurvey oleh teman-teman kost gue. Steak dengan harga 11 ribu rupiah dan porsi yang cukup waw di mata gue, sudah cukup untuk menghilangkan lapar dan nafsu untuk memakan sesama. Cukup diperhitungkan.

  • Makan cukup di siang hari, sisanya tanggung esok hari
Cara seperti ini lazimnya digunakan ketika tanggal hidup atau mati menyerang. Tanggal-tanggal seperti 24, 25, 26,...31 umumnya sudah menjadi tanggal tua bagi anak kost an. Mungkin kalau anak kost yang sudah kerja dan gajian sekitar tanggal segitu sih, justru sangat dinantikan. Tapi bagi anak sekolah seperti gue, tanggal tersebut merupakan fase berubah dari normal menjadi setengah ganas.

  • Ikut nabung di salah satu cabang Bank terpercaya
Menabung tidak perlu di bank-bank terkenal seperti Ma***ndiri, B*I, banyak lah. Tapi kita cukup mencari jasa penabungan gratis, misalnya teman sekelas atau teman dekat. Tanpa perlu biaya penyimpanan meskipun tidak ada bunga. Juga enaknya kita nggak perlu nyari ATM terdekat atau kantor cabang bank buat ngambil duit sendiri. Belom lagi kalau ternyata butuh duitnya ketika tengah malam dan kantor cabangnya enggak buka. Prinsipnya begini: Ketika awal bulan, tabunglah sebanyak-banyaknya. ketika akhir bulan kuras sehabis-habisnya.

  • Cari teman yang sering putus nyambung
Teman yang tipe begini biasanya cukup menguntungkan apalagi bagi anak kost. Mengapa? Dengan kehadiran mereka, biasanya mereka sering berbagi kepada sesamanya. Ketika jadian, bisa aja mereka traktir donat dan ketika putus mereka traktir Martabak telor. Ketika mereka jadian lagi mereka traktir nasi kuning dan ketika putus mereka traktir kue tart, dan seterusnya. Ini mengapa teman yang seperti ini harus didekati dan jangan rebut hatinya. Entar malah kita yang traktir....

  • Bawa sendok tiap hari ke sekolah
Cara ini yang umum digunakan oleh teman-teman gue di sekolah. Sudah nggak zaman, menghemat dengan membawa bekal, tetapi kita yang cari bekalnya. Mereka, teman-teman kost gue, akan bawa sendok tiap hari  ke sekolah dan berharap teman-teman lain yang bawa bekal akan membagikan sebagian hartanya itu kepada kaum dhuafa. InsyaAllah, perut kenyang dan mendapat amal bagi sesama karena tidak ada tangan yang di atas dan di bawah :)


Itu beberapa tips yang bisa gue bagikan pagi ini. Semoga manfaatnya dapat segera dirasakan ya. Sampai jumpa!

You May Also Like

0 comments

Jangan malu-malu kalau mau comment. Feel free to share thoughts!
Kecuali buat para iklan-iklan enggak jelas, you're not welcome here.